Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi
Kesehatan

8 Pilihan Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Menjaga kesehatan tulang dan sendi sedari muda, akan memberikan Anda manfaat yang akan dirasakan hingga tua nanti. Tulang dan sendi sendiri adalah dua hal yang kita butuhkan untuk terus beraktivitas dengan baik. Cara mudah untuk bisa membuat tulang dan sendi tetap sehat adalah dengan mengonsumsi makanan sehat untuk tulang dan sendi yang tepat.

Pola makan yang sehat untuk tulang dan sendi ini dipercaya memberikan manfaat dalam jangka panjang, karena terbukti efektif untuk menghambat peradangan, menguatkan tulang dan juga baik untuk sistem daya tahan tubuh. Bukan hanya itu saja, makanan ini pun bermanfaat dalam hal perbaikan gejala bila sebelumnya memiliki masalah pada tulang dan juga sendi.

Deretan Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi

1. Seafood

Seafood sebagai Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Udang, lobster, ataupun kepiting yang masuk dalam seafood, memiliki kandungan glukosamin di bagian cangkang serta ekornya. Sebenarnya, glukosamin ini ditemukan secara alami di tubuh manusia dan berguna untuk melindungi tulang rawan.

Tambahan glukosamin ini sangat bermanfaat dalam mengurangi rasa nyeri, pembengkakan dan juga kaku pada sendi. Selain itu, kerang-kerangan pun baik untuk kesehatan sendi karena punya kandungan omega 3. Itulah kenapa, seafood ini dianggap sebagai makanan yang baik untuk menguatkan sendi.

Baca Juga: Pengertian, Gejala dan Tipe Osteogenesis Imperfecta yang Harus Diwaspadai

2. Susu dan produk olahan susu

Susu dan Produk Olahan baik untuk tulang

Bila membicarakan tentang makanan sehat untuk tulang, susu dan segala produk olahannya mungkin adalah yang paling banyak diketahui orang. Terdapat kandungan kalsium dan juga vitamin D, yang terkenal baik untuk tulang. Selain itu, susu juga jadi salah satu menu yang baik untuk meningkatkan sistem imun.

Susu juga merupakan makanan untuk penderita osteoarthritis atau peradangan kronis di bagian sendi karena terjadiya kerusakan di tulang rawan. Susu bisa menurunkan tingkat gejala dan juga keparahan osteoarthritis di bagian lutut.

Bukan hanya susu, Anda juga bisa mengonsumsi produk olahannya seperti keju ataupun yoghurt.

3. Ikan Berlemak

Ikan Berlemak sangat baik untuk Tulang dan sendi

Makanan sehat untuk tulang dan sendi berikutnya adalah ikan berlemak seperti makarel, salmon ataupun sarden. Ikan-ikan ini punya kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi. Omega 3 sendiri disebut sebagai zat yang bersifat anti-inflamasi, yang baik untuk mengurangi risiko peradangan seperti nyeri ataupun kekakuan di tulang dan sendi.

Ikan pun adalah sumber vitamin D, yang baik untuk mengurangi kemungkinan terjadinya rematik, yang disebabkan oleh kurangnya vitamin D dalam darah.

4. Bawang putih Sebagai Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi

Bawang Putih

Pada bawang putih terdapat kandungan senyawa yang bermanfaat sebagai anti peradangan dan juga mengurangi gejala nyeri sendi. Bahkan penelitian yang dipublikasi dalam BMC Musculoskeletal Disorders menyebutkan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi bawang putih, mengalami penurunan terjadinya risiko osteoarthritis di bagia sendi pinggul.

Selain itu, bawang putih punya kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh.

5. Anggur

Makan Anggur

Jika Anda sedang mencari buah yang bagus untuk sendi dan tulang, Anda bisa memilih anggur. Ini karena anggur punya kandungan yang bisa mengurangi terjadinya peradangan. Dalam studi dalam jurnal Nutrients, mereka yang mengonsumsi ekstrak anggur mengalami penurunan kadar penanda peradangan di dalam darahnya. Selain itu, bagian kulit anggur juga ternyata punya kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas.

6. Bayam

Bayam sebagai Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Sayuran hijau pun baik untuk kesehatan tulang dan sendi, salah satunya bayam.

Studi dalam jurnal Food and Function menyebutkan bahwa bayam kaya antioksidan yang bisa membantu untuk meredakan terjadinya peradangan, khususnya di bagian sendi. Ini karena bayam punya kandungan senyawa bernama kaempferol yang bisa membantu mengurangi radang sendi.

Baca Juga: Ketahui Penyakit Edema: Bagaimana Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

7. Brokoli

Brokoli Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

Penelitian dalam jurnal Arthritis & Reumatism menyebutkan bahwa nutrisi dalam brokoli bisa mengatasi peradangan sendi seperti osteoarthritis. Ini karena senyawa sulforafan yang ditemukan dalam brokoli diyakini dapat menghambat enzim yang bisa memicu peradangan di tulang dan juga sendi.

8. Minyak Zaitun Masuk dalam Makanan Sehat untuk Tulang dan Sendi

Minyak Zaitun

Minyak zaitun juga jadi salah satu bahan makanan yang berguna dalam menguatkan sendi. Hal ini ditemukan dalam studi yang dipublikasi American Journal of Clinical Nutrition, di mana mereka yang mengonsumsi minyak zaitun dengan rutin, mengalami penurunan risiko terjadinya peradangan.

Itulah beberapa pilihan makanan sehat untuk tulang dan sendi yang bisa Anda masukkan dalam menu harian Anda, demi kesehatan tulang dan sendi di masa depan.

Related posts

Ketahui Gejala, Penyebab BAB Berlendir dan Cara Mengatasinya

admin

Mudah dan Cepat! 10 Cara Menaikkan Trombosit dari Rumah Saja

admin

Manfaat Minum Zaitun Untuk Kesehatan Fisik Dan Mental

rumi