Hidup SehatPenyakit

Mengenal Vaksin MR dan Manfaatnya

Campak (Measles) dan Rubella (Campak Jerman) merupakan penyakit serius yang disebabkan oleh infeksi virus yang menular melalui udara terkontaminasi. Meskipun keduanya memiliki gejala mirip, dampak kesehatan yang ditimbulkannya berbeda.

Dampak Campak dan Rubella

Campak dapat menyebabkan komplikasi serius seperti radang paru-paru, radang otak, kebutaan, dan bahkan kematian. Sementara rubella dapat menyebabkan kelainan jantung dan mata, pertumbuhan terhambat, hingga tuli.

Pentingnya Vaksin MR

Vaksin MR (Measles Rubella) adalah vaksin hidup yang dilemahkan, membantu tubuh membentuk kekebalan terhadap virus penyebab campak dan rubella. Vaksin ini wajib diberikan kepada anak-anak usia 9 bulan hingga kurang dari 15 tahun, serta orang dewasa yang belum divaksinasi sebelumnya.

Manfaat Vaksin MR

  1. Perlindungan Tinggi: Setelah vaksinasi, 97% tubuh terlindungi dari campak dan rubella.
  2. Mencegah Komplikasi: Vaksin MR juga mencegah komplikasi serius seperti pneumonia, diare, kerusakan otak, kebutaan, tuli, dan kelainan jantung bawaan.
  3. Membangun Kekebalan: Tubuh menjadi lebih kebal terhadap penyebaran campak dan rubella setelah menerima vaksin MR.

Kesimpulan

Mengenal vaksin MR dan manfaatnya penting untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya vaksinasi. Dengan vaksinasi yang tepat, kita dapat melindungi diri sendiri dan orang-orang di sekitar dari bahaya campak dan rubella. Mari jaga kesehatan bersama dengan vaksinasi yang rutin dan teratur.

Related posts

Hidup Manis Tanpa Gula

Ozil Santika

Jangan Lewatkan 9 Manfaat Jalan Pagi Ini!

admin

Polio – Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Ozil Santika