Kesehatan

Sudah Lengkapkah Imunisasi Sang Buah Hati?

Mengapa Imunisasi Penting bagi Anak?

Salah satu bentuk kasih sayang orang tua adalah melindungi kesehatan sang buah hati. Imunisasi merupakan langkah penting untuk mencegah penyakit menular yang berpotensi fatal.

Jenis-jenis Imunisasi Dasar yang Wajib

Pemerintah telah menetapkan jadwal imunisasi dasar lengkap yang wajib dan gratis bagi anak. Berikut beberapa jenis imunisasi dasar yang diperlukan:

1. Vaksin BCG (Bacillus Calmette Guerin)

Vaksin ini diberikan sejak lahir untuk melawan penyakit tuberkolosis (TBC). BCG sangat penting untuk memberikan kekebalan tubuh terhadap TBC.

2. Vaksin Hepatitis B

Vaksin Hepatitis B harus diberikan dalam 12 jam setelah kelahiran bayi, kemudian pada usia 1 bulan, dan 3 hingga 6 bulan berikutnya. Imunisasi ini penting untuk mencegah Hepatitis B.

3. Imunisasi Polio

Imunisasi Polio diperlukan untuk mencegah penyakit poliomielitis yang dapat menyebabkan kelumpuhan.

4. Vaksin DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus)

Vaksin ini merupakan kombinasi untuk melawan difteri, pertusis, dan tetanus. Ketiga penyakit ini sangat berbahaya bagi bayi dan anak. Imunisasi DPT diberikan pada bayi di atas 6 minggu. Ulangan DPT diberikan pada usia 18 bulan dan 5 tahun.

5. Vaksin Campak

Vaksin Campak-1 diberikan pada usia 9 bulan, diikuti dengan Campak-2 pada usia 6 tahun. Imunisasi campak juga sangat penting untuk melindungi anak dari penyakit ini.

Memastikan anak mendapatkan imunisasi dasar lengkap adalah langkah awal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan mereka. Dengan memberikan imunisasi tepat waktu, orang tua dapat memberikan perlindungan terbaik bagi buah hati mereka.

Related posts

7 Mitos Bawaan Hamil Anak Perempuan. Percaya Atau Tidak?

admin

6 Cara Hamil Sehat untuk Optimalkan Tumbuh Kembang Janin

admin

Waspadai Ancaman Masalah Kesehatan Mental di Kota Besar

Ozil Santika