Cara Aman Konsumsi gula bagi penderita diabetes
Hidup Sehat

Penting! Inilah Cara Aman Konsumsi Gula Penderita Diabetes dalam Sehari

Diabetes adalah penyakit yang belakangan ini menyerang banyak penderita baru setiap harinya, namun apakah benar seorang penderita penyakit ini tidak boleh mengkonsumsi gula? Sangat boleh dan dalam batasan yang jelas, namun pasien harus tahu cara aman konsumsi gula penderita diabetes.

Sebagai penderita diabetes tipe 1 maupun 2, memang sangat dianjurkan untuk menjaga pola makan sehat. Namun bukan berarti sama sekali tidak boleh mengkonsumsi gula, ada cara aman bagi penderita penyakit ini untuk bisa mengkonsumsi gula dengan aman. Seperti beberapa cara yang akan dibahas pada artikel ini.

Mengenal Apa itu Diabetes

diabetes adalah
Sumber by Pexels 

Diabetes merupakan penyakit yang terjadi ketika kadar gula (glukosa) darah terlalu tinggi. Walaupun glukosa darah adalah sumber energi utama dari makanan yang kamu makan, namun jika berlebihan akan menimbulkan masalah. Umumnya insulin akan membantu glukosa masuk ke sel diubah menjadi energi.

Baca Juga: 4 Masalah Kesehatan Akibat Pola Makan Tidak Teratur

Namun pada penderita diabetes tidak menghasilkan cukup insulin atau tidak menggunakan insulin dengan baik. Sehingga Glukosa tetap tinggal dalam darah. Jika dibiarkan tumpukan glukosa dalam darah dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan. 

Penyakit ini adalah salah satu yang belum ditemukan obatnya, tetapi kamu bisa menggunakan langkah-langkah untuk mencegah dan mengelola diabetes Anda dan tetap aman. salah satunya dengan cara aman konsumsi gula penderita diabetes pada artikel ini

Cara Aman Konsumsi Gula Penderita Diabetes dalam Sehari

cara aman konsumsi gula
Sumber by Pexels

Jika kamu menderita diabetes, penyedia layanan kesehatanmu pasti akan menyarankan untuk menjaga pola makan dan asupan gula. Karena memang hal ini cukup berbahaya bagi pasien diabetes. Namun ada beberapa cara agar kamu masih bisa menikmati gula, berikut beberapa diantaranya

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

1. Mengurangi Konsumsi Gula Berlebih

Menurut Asosiasi kesehatan Amerika yaitu AHA (American Heart Association), ada batasan konsumsi gula setiap harinya. Adapun beberapa rekomendasi batas harian yang disarankan adalah:

  • Lelaki: 36 gram atau 9 sendok teh (150 kalori).
  • Perempuan: 25 gram atau 6 sendok teh (100 kalori).
  • Anak-anak (2-18 tahun): kurang dari 24 gram atau kurang dari 6 sendok teh (kurang dari 100 kalori).
  • Bayi di bawah 2 tahun sama sekali tdak disarankan untuk mengkonsumsi gula.

Kini kamu tahu batasan normal untuk non penderita diabetes, jadi secara garis besar untuk penderita harusnya jauh lebih sedikit ari rekomendasi batas konsumsi gula di atas. Hal ini untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.

2. Gunakan Nasi dengan bahan Beras Merah

Jenis nasi yang kamu konsumsi juga dapat memicu kadar gula darah kamu naik, karena pada dasarnya nasi adalah makanan yang mengandung glikemik. Sehingga kamu bisa mengganti jenis nasi yang kamu gunakan.

Kamu bisa memilih beras merah, hitam atau beras khusus diabetes. Beras merah memiliki sumber nutrisi dans erat yag baik bagi tubuh, bahkan beras ini memiliki banyak kandungan penting lainnya bagi tubuh.

Selain itu beras merah juga mengandung kaya antioksidan, yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh. Kandungan glikemik pada nasi merah juga lebih rendah dari nasi pada umumnya.

3. Mengurangi dan Mencegah Makanan dari Pertepungan

Olahan tepung merupakan makanan dengan kadar glikemik yang cukup tinggi, sehingga akan sangat riskan jika dikonsumsi pengidap diabetes. Oleh karena itu kamu harus benar-benar membatasi konsumsi makanan dari pertepungan.

Hal ini mencakup seluruh olahan tepung, mulai dari yang menggunakan metode goreng, rebus, panggang maupun kukus. Seperti contohnya kue, cookies, roti, gorengan dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Demam dan Cara Mengobatinya Di Rumah

4. Gunakan Gula Diet atau Khusus Penderita Diabetes

Langkah selanjutnya yang bisa kamu gunakan sebagai cara aman konsumsi gula penderita diabetes yang efektif, adalah menggunakan gula khusus. Jenis gula diet dan khusus diabetes bisa menjadi solusi kamu yang sugar addict, karena kalorinya yang rendah namun rasanya tetap manis.

Sehingga akan sangat cocok untuk pengidap diabetes, mulai menghindari penggunaan gula pasir sebagai konsumsi utama. Namun walaupun begitu, kamu harus membatasi konsumsi gula yang dapat ditoleransi tubuh.

5. Hindari Minuman Bersoda

Kamu juga bisa mulai mengurangi dan menghindari hobi minum minuman bersoda, karena soda memiliki sumber manis yang tidak jelas cara buat dan asalnya. Selain itu efek sparkling juga ditakutkan menimbulkan gejala penyakit tambahan.

Nah itu lah 5 cara aman konsumsi gula penderita diabetes, yang bisa kamu lakukan untuk pengendalian glukosa darah.

Related posts

Jangan Sembarangan, Inilah Tips Memilih Dokter Spesialis

admin

Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi Sejak Dini

admin

6 Apotik di Jakarta yang Buka Sampai Malam

admin