Kepala Sering Pusing
Penyakit

Kepala Sering Pusing? Mungkin ini Penyebabnya!

Kalau kepala sering pusing  bisa jadi pertanda penyakit serius loh. Ya, banyak orang yang masih menganggap normal atau mewajarkan keadaan saat kepala mereka sedang pusing. Padahal, gangguan seperti ini bisa menjadi tanda bahwa kondisi kesehatan kamu sedang tidak baik-baik saja.

Pada dasarnya pusing dialami oleh hampir semua orang. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, mereka semua pernah mengalami gejala pusing. Namun, jika gejala pusing ini sudah sangat menganggu maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi ke dokter. Bisa saja kamu mengidap beberapa penyakit berikut ini.

Baca Juga: Ketahui Penyakit Edema: Bagaimana Penyebab, Gejala, dan Cara Mengatasinya

Hipotensi

Tekanan darah rendah juga dikenal dengan sebutan hipotensi. Penyakit yang satu ini menyebabkan terhambatnya aliran darah menuju otak sehingga menyebabkan kepala kamu menjadi pusing.

Beberapa gejala lain yang disebabkan oleh hipotensi ini di antaranya seperti pucat, pengelihatan yang buram, jantung yang terus berdebar, mual hingga pingsan. Pada umumnya, hipotensi ini disebabkan oleh beberapa faktor termasuk pengaruh cuaca dan juga usia.

Vertigo

Kepala sering pusing, mungkin vertigo?

Kepala sering pusing juga bisa disebakan oleh vertigo. Vertigo ini sendiri merupakan sebuah gangguan yang terjadi saat pengiriman sinyal saraf dari mata ke otak. Rasa pusing yang dirasakan saat mengalami vertigo akan jauh sangat berbeda jika dibandingkan mengalami hipotensi.

Saat mengalami vertigo maka pengelihatan kamu akan menjadi lebih berputar-putar. Salah satu penyebab munculnya vertigo ialah terjadinya cedera di bagian kepala. Jika kamu adalah pengidap vertigo maka ada baiknya untuk memiliki waktu istirahat yang lebih banyak.

Hipoglikemia

Hipoglikemia ini sendiri merupakan gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kurangnya jumlah kadar gula pada tubuh. Saat mengalami kondisi hipoglikemia maka kamu tidak hanya pusing tapi juga akan mengalami gejala lainnya seperti kelelahan, gemetar, lapar, mudah marah hingga jantung yang terus berdebar.

Sebagai pencegahan, kamu bisa mulai melakukan pola hidup sehat serta selalu memantau kadar gula yang kamu miliki secara berkala. Karena pengidap hipoglikemia mudah mengalami lapar maka silahkan menyiapkan beberapa cemilan di dekat kamu saat sedang beraktifitas.

Anemia

Salah satu gejala anemia adalah sering pusing. Hal ini disebabkan karena jumlah sel darah merah yang terlalu sedikit atau jauh dari jumlah normalnya. Pada umumnya, banyak orang mengalami kondisi seperti ini. Sayangnya, banyak dari mereka yang terlalu meremahkan penyakit anemia ini. Padahal, jika penyakit anemia tidak ditangani dengan baik maka bisa menyebakan resiko yang sangat fatal yang berujung pada kematian.

Dehidrasi

Kepala sering pusing bisa disebabkan oleh dehidrasi

Saat tubuh kamu mengalami kekurangan cairan maka kamu pun akan mudah pusing. Oleh sebab itu, untuk mencegah dehidrasi pada tubuh kamu maka kamu harus rutin memenuhi asupan air mineral setiap harinya.

Beberapa tips untuk mencegah kepala sering pusing akibat dehidrasi ini di antaranya seperti mengkonsumsi makanan sehat dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Selain itu, kamu juga perlu memperbanyak waktu istirahat. Namun, yang paling terpenting ialah kamu harus selalu rutin memenuhi cairan pada tubuh kamu dengan rutin meminum air putih setiap harinya.

Stress

Stress juga bisa menjadi pemicu utama munculnya rasa sakit kepala yang terjadi secara terus menerus. Hal ini disebabkan oleh munculnya hormon yang mempengaruhi sistem pernapasan dan kardiovaskular.

Hormon-hormon inilah yang menyebabkan pembuluh darah kamu menjadi sempit, denyut jantung yang semakin meningkat hingga menganggu pernapasan. Oleh sebab itu, jika kondisi ini terus terjadi maka kamu pun akan sering mengalami pusing, nyeri dada hingga sulit untuk berkonsentrasi.

Efek Obat-Obatan Tertentu

Saat kamu sering mengkonsumsi obat-obatan dan tiba-tiba juga sering mengalami pusing maka bisa jadi obat-obatan tersebut memiliki efek samping untuk tubuh kamu. Beberapa jenis obat-obatan yang bisa memicu rasa pusing di kepala ini seperti obat penenang, obat anti depresi ataupun obat anti kejang.

Oleh sebab itu, teliti dan perhatikanlah berbagai jenis obat yang kamu konsumsi. Akan lebih baik lagi jika kamu berkonsultasi pada dokter yang lebih ahli sebelum mengkonsumsi obat tersebut.

Memiliki Kolesterol Tinggi

Kolesterol yang sangat tinggi bisa menyebakan terbentuknya plak di pembuluh darah. Hal ini membuat pembuluh darah menjadi lebih sempit dan tidak elastis lagi. Pada akhirnya, proses pengiriman oksigen pun menjadi terganggu sehingga menyebabkan kepala menjadi pusing.

Baca Juga: Cari Tahu Penyebab Demam dan Cara Mengobatinya Di Rumah

Jadi, saat kepala sering pusing bukan berarti kamu sedang capek saja. Bisa saja kamu mengalami beberapa kondisi penyakit yang telah disebutkan di atas.

Related posts

Ciri Kanker Pada Anak

Ozil Santika

Penyakit Diare: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

admin

Waspadai Ancaman Masalah Kesehatan Mental di Kota Besar

Ozil Santika