Penyakit

Mengenal Hepatitis Lebih Dekat melalui Hari Hepatitis Sedunia

Hari Hepatitis Sedunia diperingati setiap tanggal 28 Juli. Tujuan peringatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap penyakit hepatitis dan upaya pencegahannya.

Hepatitis: Penyakit Peradangan pada Hati

Hepatitis adalah penyakit di mana terjadi peradangan pada hati, bisa disebabkan oleh infeksi virus, konsumsi alkohol, efek samping obat-obatan, atau penyakit autoimun. Faktor risiko meliputi penggunaan jarum bersama, transfusi darah, HIV, hubungan seks tanpa pengaman, air terkontaminasi, dan penularan dari ibu ke janin.

Hepatitis Akut: Sebuah Tantangan Misterius

Pada April 2022, muncul penyakit hepatitis akut pada anak-anak, disebut penyakit misterius karena belum ditemukan penyebabnya. Sebagian kasus berjalan ringan, namun dapat berakibat fatal. WHO mencatat 78.000 kematian akibat hepatitis A hingga E akut pada 2019.

Tema Hari Hepatitis Sedunia 2022

WHO menetapkan tema “Bringing Hepatitis Case Closer to You” untuk meningkatkan akses penderita hepatitis terhadap pengobatan dan perawatan. Fasilitas kesehatan dan komunitas perlu mempermudah akses pemeriksaan virus hepatitis untuk menurunkan risiko penularan dan menghindari komplikasi.

Melalui peringatan Hari Hepatitis Sedunia, penting untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang hepatitis serta pentingnya pencegahan, deteksi dini, dan penanganan yang tepat terhadap penyakit ini.

Related posts

Ini Dia Alasan Kenapa Garam Menyebabkan Hipertensi

admin

Makanan Penderita TBC yang Dapat Mempercepat Penyembuhan

admin

Penyebab Hematuria, Gejala dan Pengobatan

admin