Menggemukan badan secara alami
Kesehatan

14 Tips Menggemukan Badan Secara Alami Tanpa Obat-Obatan

Selain ingin memiliki tubuh yang kurus dan langsing, ternyata beberapa orang juga menginginkan badan yang berisi loh. Tubuh yang kurus ternyata juga memberikan rasa insecure tersendiri. Seperti halnya diet untuk bisa kurus, kamu juga bisa menggemukan badan secara alami tanpa perlu mengkonsumsi obat penggemuk.

Daripada mengkonsumsi obat-obatan, coba deh kamu menerapkan tips menggemukan badan berikut ini. Selain aman, tubuh kamu juga tentu lebih sehat.

1. Pilih Makanan Nutrisi Tinggi

Memilih Makanan tepat untuk menggemukan badan

Mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi adalah langkah penting yang perlu kamu lakukan. Selama proses menggemukkan badan ini kamu wajib untuk terus makan masakan yang berlemak dan berkalori tinggi. Beberapa contoh makanan dengan nutrisi tinggi yang bisa kamu coba ialah buah-buahan, sayur serta kacang-kacangan.

Baca Juga: 8 Pilihan Makanan Sehat Untuk Tulang dan Sendi

2. Makan Lebih Sering

Saat menjalani proses menggemukan badan, kamu juga wajib untuk makan lebih sering. Sedikit tips untuk makan lebih sering ini, dibandingkan makan 3 kali sehari dengan porsi yang banyak maka akan lebih baik jika kamu makan hingga enam kali sehari dengan porsi yang sedikit.

3. Konsumsi Jus atau Smoothies

Jus dan Smoothies bisa menjadi pilihan

Badan yang berisi juga bisa terbentuk dengan rutin mengkonsumsi jus atau smoothies loh. Kamu bisa membuatkan jadwal khusus untuk mengkonsumsi jus dan smoothies ini seperti setelah sarapan pagi atau saat sore hari. Jus dan smoothies sangat mudah diserap oleh tubuh karena memiliki serat yang lebih halus sehingga badan pun akan lebih cepat berisi.

4. Jangan Minum Sebelum Makan

Usahakan untuk tidak sering minum sebelum makan. Hal ini dilakukan untuk menghindari rasa kenyang yang lebih awal. Seperti yang telah diketahui jika air memang mudah membuat orang kenyang. Kalau sudah begini tentu kamu tidak akan nafsu lagi untuk makan. Oleh sebab itu, minumlah air saat makan atau setengah jam setelah makan.

5. Olahraga

Olahraga juga bisa menjadi cara menggemukan badan

Mau menggemukan badan, perlu olahraga. Olahraga bukan hanya untuk para pejuang diet saja loh. Olahraga pada dasarnya adalah aktifitas yang harus selalu dilakukan untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Begitu juga untuk para pejuang tubuh gemuk, kamu juga perlu untuk menentukan jadwal rutin berolahraga.

Lalu, mengapa olahraga dapat menggemukan badan secara alami? Karena tubuh yang Lelah selepas berolahraga dapat meningkatkan nafsu makan kamu sehingga tubuh pun akan mendapatkan asupan kalori dan karbohidrat yang lebih banyak.

6. Batasi Latihan Kardio

Jika kamu sebelum-sebelumnya gemar melakukan latihan kardio, maka kali ini cobalah untuk membatasinya terlebih dahulu. Latihan kardio pada dasarnya sangat bagus untuk kesehatan akan tetapi untuk proses menggemukkan badan, latihan kardio justru bisa membuat metabolisme tubuh kamu bergerak lebih cepat sehingga akan membuat kamu gampang kurus.

Selain latihan kardio, kamu juga perlu menghindari jenis olahraga lainnya seperti bersepeda, lari ataupun renang. Olahraga-olahraga ini hanya akan menguras lemak kamu.

7. Konsumsi Tambahan Kalori

Untuk menaikkan berat badan, kamu juga perlu mengkonsumsi tambahan kalori lainnya. Kamu bisa mengkonsumsi donat ataupun roti dengan taburan keju parut di atasnya. Namun, untuk mengkonsumsi cemilan-cemilan berkalori ini, kamu juga perlu berhati-hati. Kalori yang berlebihan justru bisa menyebabkan penyakit lain seperti gula darah tinggi hingga diabetes.

8. Konsumsi Camilan Sehat

Mengkonsumsi cemilan sehat

Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, bahwa mengkonsumsi cemilan pun tetap perlu berhati-hati. Perhatikan kandungan cemilan atau makanan ringan yang kamu konsumsi demi menghindari penyakit lainnya. Agar lebih aman, cobalah menyediakan buah-buahan di meja kerja kamu.

Saat melakukan rutinitas kamu bisa menyempatkan mengemil sambil bekerja. Tak hanya buah-buahan, kamu juga bisa menyiapkan jenis cemilan lainnya seperti roti-rotian, ataupun kacang kedelai. Usahakan untuk tidak mengkonsumsi makanan yang digoreng atau mengandung terlalu banyak minyak.

9. Banyak Minum Air Putih

Air putih memang sangat penting untuk kesehatan tubuh. Selain menjaga tubuh agar terhindar dari dehidrasi, air putih juga bagus untuk kesehatan kulit. Orang-orang yang malas minum air putih juga kebanyakan adalah para pemilik tubuh yang kurus. Jika kamu ingin menggemukkan badan maka kamu harus konsisten untuk minum air putih sebanyak 2 liter per hari.

Gunakan tumblr penanda jumlah volume air untuk mengetahui sudah seberapa banyak air yang kamu minum. Kamu juga bisa membagi waktu untuk minum air putih ini menjadi beberapa sesi seperti, pagi, siang, sore dan malam hari.

Baca Juga: Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih Berikut Untuk Melindungi Keluarga

10. Perbanyak Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat juga berperan penting dalam menaikkan berat badan. Dengan mengkonsumsi banyak karbohidrat maka akan memicu lebih banyak asupan kalori pada tubuh kamu. Beberapa sumber karbohidrat ini bisa kamu dapatkan dari nasi, kentang, singkong, ubi jalar, gandum dan juga tepung. Namun, lagi-lagi kamu harus tetap berhati-hati dalam mengkonsumsi karbohidrat. Asupan karbohidrat yang berlebihan justru tidak baik untuk kesehatan.

11. Cukupi Kebutuhan Lemak

Lemak yang berlebihan memang tidak baik untuk tubuh, akan tetapi kebutuhan lemak untuk tubuh juga penting bagi kamu yang ingin menggemukkan badan. Mencukupi kebutuhan lemak dan nutrisi akan membuat berat badan kamu akan meningkat secara lebih drastis.

Sumber lemak pada makanan ini bisa kamu dapatkan dari minyak sayur, kelapa, jagung dan lain-lainnya. Seperti halnya jenis makanan lainnya yang harus dikonsumsi, kamu tetap perlu memperhatikan jumlah porsi lemak yang kamu perlukan. Lemak yang berlebihan hanya akan menjadi sumber penyakit baru.

12. Konsumsi Susu

Susu juga bisa menjadi satu cara untuk menggemukan badan secara alami

Daripada mencari jenis obat-obatan penggemuk badan yang tak jelas asal usulnya itu, maka akan lebih baik jika kamu mengkonsumsi susu secara rutin. Kamu bisa membawa susu ke sekolah, ke kampus atau ke tempat kerja jika kamu memang adalah seorang pekerja. Minumlah susu ini di saat kamu sedang break atau saat memiliki waktu luang.

Tak mesti susu murni, kamu bisa mengkonsumsi susu olahan seperti yogurt, pudding dan juga eskrim. Jadikanlah susu ini sebagai cemilan di pagi hari ataupun saat setelah melakukan makan siang.

13. Konsumsi Protein Berkualitas

Tahukah kamu bahwa protein sangat membantu dalam menggemukan badan serta akan membuat otot-otot tubuh semakin kuat? Ya, mengkonsumsi protein yang berkualitas memang akan memudahkan proses penggemukan badan. Sumber protein pada makanan ini bisa kamu dapatkan dari telur, daging, ikan, susu hingga biji-bijian. Pada dasarnya, tubuh manusia membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram/berat badan setiap harinya dalam membentuk otot yang baru. Jika kamu mengikuti aturan ini maka kamu pun bisa lebih cepat mendapatkan tubuh yang gemuk.

14. Hindari Begadang

Jangan Begadang

Tips terakhir ini memang termasuk langkah yang cukup sulit. Terlebih jika kamu telah menjadikan begadang sebagai kebiasaan kamu setiap harinya. Padahal, justru begadang lah yang menjadi salah satu penyebab utama tubuh seseorang bisa kurus. Tak hanya memiliki tubuh yang kurus, begadang juga bisa merusak organ tubuh yang lainnya. Oleh sebab itu, biasakanlah untuk tidur di bawah jam 10 malam.

Baca Juga: Ini Dia 2 Cara Hitung Berat Badan Ideal

Nah, demikianlah beberapa tips menggemukan badan secara alami tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Semoga tips-tips di dalam artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu.

Related posts

Meski Terdengar Mirip, Namun Inilah Beda Ureter dan Uretra!

admin

Ketahui 10 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker

Ozil Santika

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Pola Hidup Sehat

Ozil Santika