Obat

Obat Apotik Gusi Bengkak & Nyeri

Siapapun yang pernah merasakan gusi bengkak tentu akan sangat terganggu dalam melakukan berbagai macam aktifitas. Ketika rasa sakit dan bengkak ini semakin tak tertahankan maka mencari obat apotik gusi bengkak adalah jalan keluarnya.

Tidak bisa dipungkiri jika sakit yang disebabkan oleh gusi bengkak memang sangat membuat tidak nyaman. Mulai dari rasa nyut-nyutan hingga kesulitan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan. Kalau sudah begini, seluruh tubuh pun terkena imbasnya.

Untuk mengurangi peradangan dan nyeri akibat gusi bengkak maka kamu memang perlu mengandalkan yang namanya obat apotik. Lalu, apa saja jenis-jenis obat yang bisa dikonsumsi untuk mengatasi gusi bengkak ini? Berikut informasi selengkapnya untuk kamu.

Rekomendasi Obat yang bisa Di Beli di Apotik untuk Gusi Bengkak

 

1. Hidrogen peroksida

Saat mengalami gusi bengkak maka kamu bisa membeli obat Hidrogen peroksida di apotik terdekat. Hydrogen peroksida ini sendiri merupakan obat sejenis larutan yang digunakan dengan cara berkumur. Kandungan di dalam larutan ini terbukti ampuh melawan berbagai jenis bakteri penyebab masalah gusi, gigi, hingga sariawan. Hidrogen peroksida bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati lalu kemudian membersihkan area kulit yang terluka tersebut.

Baca Juga: 11 Obat Apotik Sakit Gigi yang Paling Ampuh Redakan Nyeri

2. Paracetamol

Paracetamol menjadi obat yang selalu diandalkan saat mengalami berbagai nyeri pada tubuh. Begitu halnya saat merasakan nyeri pada gusi, kamu pun bisa menggunakan paracetamol ini. Paracetamol termasuk obat yang sangat aman dikonsumsi oleh berbagai kalangan termasuk bayi di atas 2 bulan, ibu hamil dan menyusui hingga para lansia.

Namun, sebelum mengkonsumsinya kamu juga harus memahami takaran dosis dari paracetamol ini. Oleh sebab itu, minumlah Paracetamol ini sesuai dengan anjuran yang tertera di label kemasan. Kamu juga bisa mengunjungi dokter untuk melakukan konsultasi lebih lanjut jika memang kamu merasa ragu untuk mengkonsumsinya.

3. Ibuprofen

Sama halnya dengan Paracetamol, kamu juga bisa mengkonsumsi Ibuprofen untuk meredakan nyeri dan bengkak pada gusi kamu. Ibuprofen terbukti ampuh dalam meredakan radang penyebab bengkak bahkan ampuh dalam menurunkan demam. Sekedar informasi, Ibuprofen memiliki efek yang lebih kuat jika dibandingkan dengan Paracetamol. Oleh sebab itu, kamu wajib waspada saat mengkonsumsinya. Ibuprofen akan aman dikonsumsi untuk orang dewasa dengan takaran 200 hingga 400 miligram serta diminum setiap 4 hingga 6 jam sekali sesuai kebutuhan.

Adapun dosis untuk anak-anak ialah berkisar 4 hingga 10 miligram. Dosis ini cocok dikonsumsi untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun serta bisa dikonsumsi setiap 6 hingga 8 jam sekali. Pastikan untuk mengkonsumsi Ibuprofen setelah makan karena saat dikonsumsi di saat perut masih kosong maka Ibuprofen dapat menyebabkan peradangan dan meningkatan resiko pendarahan di perut.

Hentikanlah penggunaan obat Ibuforen jika kamu mengalami efek samping berupa nyeri dada, sesak nafas, sakit kepala yang sangat parah hingga feses yang kehitaman. Akan lebih baik jika kamu melakukan konsultasi ke dokter terdekat lebih dahulu sebelum mengkonsumsi obat Ibuprofen ini.

4. Chlorhexidine

Rekomendasi obat gusi bengkak selanjutnya ialah Chlorhexidine. Obat apotik yang satu ini diklaim ampuh mencegah tumbuhnya bakteri penyebab peradangan dan gusi bengkak. Pada umumnya, obat Chlorhexidine harus ditebus dengan menggunakan resep dokter. Obat ini sendiri terdiri atas beberapa jenis seperti salep, larutan hingga obat kumur. Namun, khusus untuk kamu yang mengalami gusi bengkak dan nyeri akibat gusi bengkak maka akan lebih baik membeli jenis obat kumurnya saja.

Cara pakai dari obat kumur Chlorhexidine ini ialah dengan berkumur-kumur setelah menyikat gigi. Pastikan untuk tidak mengkonsumsi makanan atau meminum jenis minuman dulu setelah berkumur menggunakan obat ini. Hal ini dilakukan agar obat ini dapat bekerja secara maksimal dan efektif.

Tips Lain Untuk Mengurangi Gusi Bengkak

Selain mengandalkan obat apotik, kamu juga bisa memakai obat alami sebagai langkah pertolongan pertama. Pada dasarnya, obat gusi bengkak alami sangat mudah ditemui di sekitar kamu, beberapa di antaranya ialah kunyit dan juga garam. Untuk mengetahui lanjut tentang obat untuk gusi bengkak alami maka silahkan menyimak ulasannya berikut ini.

1. Kumur air garam

 

Gusi bengkak redakan dengan kumur air garam
Source: Suara.com

Garam sebagai salah satu bumbu dapur tentu akan sangat mudah ditemukan di rumah. Ya, garam dapat digunakan sebagai salah satu langkah awal untuk mencegah semakin parahnya gusi bengkak yang kamu derita. Seperti yang diketahui bahwa garam mampu menyerap air secara efektif sehingga mampu membunuh bakteri yang terdapat di dalam mulut.

Adapun cara meredakan nyeri dan bengkak pada gusi ini ialah dengan melarutkan ½ sendok the garam saja pada segelas air hangat.  Selanjutnya, berkumurlah menggunakan air garam tersebut secara merata. Pastikan seluruh ruang yang terdapat di dalam mulut terkena oleh larutan air garam ini. Saat berkumur, hindarilah untuk menelan bekas air kumur yang tadinya kamu gunakan. Agar bengkak pada gusi lebih cepat redah maka berkumurlah sebanyak dua kali sehari.

2. Es batu

Kamu juga bisa memanfaatkan es batu untuk meredakan nyeri gusi bengkak. Rasa dingin yang dihasilkan dari es batu ini mampu membuat saraf penyebab nyeri pada gusi akan mati rasa sehingga kamu pun tidak akan merasakan nyeri untuk sementara waktu. Meskipun hanya sementara, akan tetapi es batu ini cukup membantu dalam melawan rasa sakit yang tak tertahankan.

Suhu dingin juga ternyata ampuh dalam merangsang pembuluh darah di wajah menjadi lebih sempit sehingga memperlambat pula aliran darah yang menuju gusi yang bengkak tersebut. Untuk menggunakan es batu ini, kamu cukup membungkus es batu tersebut ke dalam lap lalu menempelkannya di bagian pipi kamu yang membengkak. Ulangilah cara ini berkali-kali hingga rasa nyeri dan bengkak mulai menghilang.

3. Kunyit

Kunyit untuk gusi bengkak

 

Bumbu dapur yang satu ini juga terkenal ampuh dalam melawan bakteri penyebab infeksi pada gusi. Bahkan khasiat dari kunyit ini telah dibahas dalam sebuah jurnal penelitian Journal of Indian Society of Periodontology. Di dalam penelitian tersebut disebutkan bahwa sari kunyit ampuh melawan pembentukan plak di gigi serta resiko terjadinya radang gusi.

Adapun cara menggunakan kunyit sebagai obat pereda gusi nyeri dan bengkak ini ialah dengan memarut setengah ruas kunyit lalu campurkan dengan baking soda dan minyak kelapa. Selanjutnya, aduklah semua bahan tersebut hingga membentuk krim kental. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan ini sebagai pengganti pasta gigi.

Baca Juga: Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Gigi Impaksi

4. Pasta Gigi dan Obat Kumur

Selain menggunakan obat apotik gusi bengkak serta bahan-bahan dapur, kamu juga perlu rutin untuk menggunakan pasta gigi serta obat kumur. Namun, tanpa disadari, beberapa jenis pasta gigi dan obat kumur memiliki komposisi bahan kimia yang tidak cocok dengan kondisi mulut kamu. Oleh sebab itu, pastikan pasta gigi dan obat kumur yang kamu gunakan tidak memicu terjadinya iritasi gusi. Hindarilah pasta gigi yang memiliki kandungan SLS atau sodium lauryl sulfate. Untuk obat kumur, hindarilah obat kumur yang mengandung alcohol saat kamu sedang mengalami gusi bengkak karena hal ini hanya akan memperparah kondisi gusi kamu.

Nah, demikianlah ulasan tentang obat apotik gusi bengkak beserta tips-tips lain dalam meredakan gusi bengkak. Berbagai obat gusi bisa Anda peroleh di Apotik Puji. Temukan berbagai pilihan obat yang bisa membantu menyembuhkan bengkak dan nyeri pada mulut.

Related posts

7 Rekomendasi Obat Batuk Anak Di Apotik

admin

Amoxicillin Adalah Antibiotik Pada Infeksi Bakteri, Yuk Gunakan Dengan Tepat!

admin

Kapsul Daun Kelor di Apotik, Ini Dia Manfaatnya Bagi Kesehatan!

admin