Penyebab Stretch Mark
Kesehatan

7 Penyebab Stretch Mark Usia Remaja

Strech mark menjadi salah satu kelainan pada kulit yang bisa terjadi pada seluruh kalangan usia. Mulai dari remaja hingga usia senja. Banyak sekali penyebab stretch mark remaja yang musti anda hindari sejak dini.

Namun tak sedikit remaja yang enggan dan menganggap remeh penyakit kulit ini. Malah masih banyak remaja yang terlihat acuh terhadap kesehatan dan kondisi kulitnya. Dari permasalahan tersebut artikel ini akan membahas tuntas tentang apa itu stretch mark? Penyebab terjadinya strech mark? Dan cara mencegah terjadinya penyebab stretch mark remaja!

Apa itu Stretch Mark?

Walau menjadi hal yang normal. Namun banyak yang menganggap kelainan kulit ini sangat lah mengganggu. Strech mark sendiri sebenarnya adalah efek penumpukan lemak pada jaringan dibawah kulit yang berbentuk guratan-guratan yang mulanya berwarna merah maupun ungu, namun seiring waktu akan berubah warna menjadi warna pudar seperti kelabu.

 

Dengan kata lain strech mark biasanya muncul pada titik penumpukan lemak seperti perut, payudara, lengan, paha dan pantat. Kondisi ini sering dialami orang yang kulitnya banyak mengandung kolagen yang membuat kulit menjadi lentur.

Strech mark juga bisa muncul akibat perkembangan tubuh lebih cepat daripada perkembangan elastisitas kulit. Hal ini sering dialami oleh seseorang dengan obesitas berlebihan.

Baca Juga: Manfaat Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga. Begini Cara yang Benar!

Karena ketika kulit meregang dengan cepat, lapisan kulit dermis akan menipis, sehingga lapisan dibawahnya akan muncul kepermukaan. Garis atau guratan ini lah yang sering disebut dengan strech mark

Penyebab Strech Mark

Selain penumpukan lemak berlebih beberapa hal ini biasanya dapat menimbulkan risiko munculnya strech mark.

1.   Kehamilan

Perkembangan tubuh terutama dibagian perut dan payudara pada ibu hamil terkadang dapat menjadi salah satu penyebab strech mark.

2.    Obesitas

Orang dengan obesitas berlebih biasanya memiliki peningkatan berat badan yang drastis bahkan lebih cepat dari daya elastisitas kulit.

3.   Masa Pubertas

Pada remaja apalagi masa pubertas, hormon pada tubuh yang maskin berkembang akan memicu penyebab stretch mark remaja.

4.   Kulit Terang

Orang dengan warna kulit lebih terang juga sering mengalami strech mark karena perbedaan warna kulit yang mencolok

5.   Garis Keturunan

Adanya riwayat pada keluarga juga dapat mempengaruhi pertumbuhan strech mark pada kulit.

6.   Gangguan Kesehatan Kulit

Adanya gangguan kesehatan seperti sindrom cushing atau sindrom marfan juga dapat mempengaruhi munculnya strech mark

7.   Obat-Obatan

Mengkonsumsi jenis obat tertentu terkadang juga dapat menjadi penyebab stretch mark remaja. Hal ini terjadi karena tubuh memberikan penolakan kepada obat yang anda konsumsi.

 

Cara Mencegah Strech Mark

Walaupun menjadi hal yang lumrah terjadi, strech mark sebenarnya dapat dicegah. Berikut beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk mencegah resiko terjadinya strech mark.

Baca Juga: Penyakit Diare: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Menjaga Berat Badan

Karena strech mark paling sering muncul pada pasien dengan perkembangan badan secara cepat. Maka pertumbuhan berat badan harus dijaga. Mulai dari menambah berat badan atau menaikkan berat badan harus anda lakukan sesuai aturan.

Mengatur pola makan dan olah raga bisa anda lakukan untuk tetap menjaga berat badan anda. Melakukan diet ketat juga sangat beresiko terjjadinya strech mark.

Merawat Kesehatan Kulit

Penggunaan skincare dan mengkonsumsi makanan sehat penuh vitamin juga dapat menurunkan resiko terjadinya strech mark pada kulit anda. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan vitamin E juga dapat membantu meningkatkan kesehatan pada kulit.

Makanan sehat dan segar seperti sayur dan buah bisa anda konsumsi setiap hari untuk mencukupi kebutuhan itamin c, protein dan zinc yang membantu pertumbuhan elastisitas kulit.

Menjaga Cairan Dalam Tubuh

Meminum air minimal 2 liter dalam 1 hari sangat dianjurkan untuk menghindari strech mark. Dengan menjaga asupan cairan pada tubuh akan membantu membuat kulit menjadi lebih lembab.

Selain kelembapan meminum air yang cukup secara rutin akan membuat kulit lebih halus. Kurangi minuman dengan kandungan kafein tinggi. hal itu akan membuat resiko munculnya stretch mark lebih kecil.

Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kulit

Jika anda mengalami sindrom tertentu anda patinya wajib konsultasi kepada ahlinya. Terutama bagi remaja pada masa pubertas. Anda tidak harus sakit terlebih dahulu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Melakukan langkah pencegahan terutama pada beberapa jenis kulit yang berkebutuhan khusus juga menjadi langkah yang tepat untuk mencegah hal yang tidak di inginkan.

Menggunakan Cream Pelindung Kulit

Saat anda bepergian atau bersinggungan langsung dengan terik matahari, ada baiknya anda menggunakan cream pelindung untuk melindungi kulit dari efek terbakar matahari. hal ini juga menjadi salah satu pencegahan terjadinya strech mark.

Bahkan banyak krim pelindung yang dapat membantu kelembapan dan kesehatan pada kulit anda.

Cara Mengatasi Strech Mark

Jika anda telah melakukan segala upaya pencegahan namun masih timbul strech mark pada kulit anda. Beberapa cara ini bisa anda jadikan solusi untuk mengatasinya.

Laser

Cara yang pertama sudah banyak dilakukan oleh pasien penderita stretch mark. Cara ini terbilang cara yang paling efektif dan cepat. Namun perawatan satu ini akan merogoh kocek cukup dalam karena penanganannya dilakukan oleh ahli dibidangnya.

Walaupun dikerjakan dengan waktu yang singkat treatment ini tidak bisa menjamin strech mark tidak akan muncul lagi di kemudian hari. Sebelum treatment anda harus memastikan kredibilitas dari tempat yang anda gunakan jangan sampai anda menyesal pada akhirnya

Gel Lidah Buaya

Cara yang kedua adalah cara yang terbilang tradisional dan herbal. Cara ini juga cukup ampuh jika rutin dilakukan setiap hari. dengan memanfaatkan kandungan dari gel pada lidah buaya anda bisa mengaplikasikan pada strech mark yang nantinya didiamkan selama 15 menit untuk dibilas.

Efek dari treatment ini tidak akan langsung terlihat namun jika rutin digunakan dalam 1 minggu saja perkembangannya akan sangat terlihat. Lakukan pada pagi dan malam hari agar merasakan efek lebih baik.

Minyak Zaitun

Cara yang berikutnya memanfaatkan minyak zaitun sebagai media pengobatannya. Zaitun memang dikenal memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan salah satunya olahan minyak zaitun ini dapat mengatasi strech mark pada kulit anda.

Kandungan polifenol yang bersifat antioksidan akan membantu meregenerasi kulit yang mengalami strech mark, anda bisa mencampurkan minyak zaitun dengan madu untuk merasakan efek yang lebih baik

Putih Telur

Sudah tidak asing lagi jika putih telur digunakan dalam pengobatan herbal pada kulit. Bahkan beberapa orang telah mengakui putih telur ini ampuh untuk mengenyalkan dan mencerahkan wajah.

Baca Juga: Fungsi Usus Halus Pada Sistem Pencernaan Manusia

Maka dari itu putih telur juga anda bisa anda terapkan untuk mengatasi stretch mark. Hal ini bisa terjadi karena putih telur banyak mengandung protein dan mikronutrien yang baik untuk kulit.

Nah itu dia pembahasan mengenai strech mark mulai dari pengertian, penyebab, pencegah hingga cara menanganinya. Kini anda tidak perlu risau jika anda mengalami strech mark pada kulit anda dengan beberapa cara di atas anda bisa mengurangi resiko dan menangani penyebab strech mark remaja.

Related posts

Ketahui Vitamin C dan Manfaatnya yang Sangat Beragam

admin

10 Tanda Diabetes yang Tidak Disadari, Apakah Anda sedang Mengalaminya?

admin

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Ozil Santika