Obat batuk Alami
Obat

8 Obat Batuk Alami Ampuh Mengatasi Batuk Kering dan Berdahak

Salah satu penyakit yang paling mengganggu dan membuat tidak nyaman, yaitu batuk, baik itu batuk kering ataupun berdahak. Batuk juga seringkali datang disertai gejala lain yang semakin menambah rasa tidak nyaman, seperti sakit tenggorokan serta hidung yang sering berair. Karena inilah, Anda harus tau obat batuk alami ampuh untuk mengatasi permasalahan batuk kering dan batuk berdahak.

Batuk sendiri sebenarnya adalah cara alami tubuh dalam menjaga kebersihan tenggorokan dari pemicu iritasi ataupun infeksi. Namun batuk yang terus menerus tentunya akan sangat mengganggu aktivitas. Biasanya, kondisi ini bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena alergi, infeksi virus ataupun infeksi bakteri.

Tidak jarang orang memilih obat batuk apotek yang dengan mudah dibeli secara bebas. Namun beberapa orang pun ada juga yang lebih menyukai dan memilih mengonsumsi atau mencoba obat batuk alami yang terbuat dari bahan-bahan herbal, bahkan bisa Anda buat sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di rumah.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Obat Batuk Anak Di Apotik

Obat Batuk Alami Untuk Mengatasi Batuk Kering dan Berdahak

Sebelum Anda mencoba untuk membeli dan menggunakan obat batuk apotek yang dapat dibeli bebas tanpa resep dokter, Anda sebenarnya dapat mencoba bahan-bahan alami untuk membantu meringankan gejala batuk yang sedang Anda alami.

Ini dia beberapa bahan alami dan juga tradisional yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi dan mengatasi batuk:

1. Madu

Madu sebagai Obat Batuk Alami yang dipercaya sejak dahulu

Sejak dulu, madu sudah jadi salah satu obat tradisional yang dimanfaatkan untuk beragam penyakit, salah satunya adalah untuk batuk. Beragam penelitian pun membuktikan bahwa kandungan dalam madu memang terbukti efektif untuk menyembuhkan batuk bila dikonsumsi rutin. Bahkan, madu pun diyakini sama efektifnya dengan obat batuk berkandungan dextromethorphan.

Dalam madu, terdapat zat analgesik yang bisa menghentikan infeksi pada batuk kering ataupun berdahak. Namun agar efek yang didapat bisa lebih maksimal, Anda harus minum satu sendok teh madu ketika perut sedang kosong, dan diminum secara langsung. Ataupun Anda juga dapat mencampurkan madu ke minuman susu atau campuran teh herbal dan lemon.

Campuran antara madu dengan lemon dapat membantu menyembuhkan batuk karena campuran ini akan melancarkan pergerakan udara di saluran napas. Namun sebaiknya jangan berikan madu pada anak di bawah 1 tahun ya.

2. Kunyit

Kunyit bisa menjadi obat batuk alami

Bila Anda mengalami batuk yang terus menerus dan batuk kering, Anda dapat mencoba bahan alami kunyit ini.

Curcumin dalam kunyit punya sifat anti radang. Zat ini pun diyakini punya kemampuan yang sama efektifnya dengan obat-obatan yang punya kandungan anti radang di dalamnya. Ini berfungsi untuk melawan partikel-partikel asing yang jadi penyebab infeksi saluran pernapasan.

Anda bisa membuat obat batuk dari kunyit ini dengan menghancurkan kunyit hingga menjadi halus, lalu campurkan ke satu gelas susu panas atau campuran empat gelas air dengan garam dan teh untuk membantu meredakan gatal tenggorokan.

Setelah meminum campuran kunyit ini, sebaiknya jangan langsung minum air putih, karena akan menghambat kerja zat anti inflamasi yang ada dalam kunyit.

3. Jahe

Jahe menjadi obat batuk alami

Mungkin sudah banyak orang yang tau kalau larutan air hangat atau teh dengan jahe bisa membantu untuk meredakan batuk yang Anda alami. Ini karena dalam jahe terdapat kandungan anti bakteri dan juga antivirus yang dapat meningkatkan sistem imun melawan infeksi di saluran pernapasan. Kandungan ini juga bisa mencegah perkembangan virus serta bakteri baru.

Selain itu, jahe pun adalah zat analgesik atau Pereda nyeri alami yang punya efek menghangatkan tubuh. Rasa hangat ini akan membantu untuk mengencerkan dahak di saluran pernapasan. Itulah kenapa, jahe cocok dijadikan sebagai obat batuk berdahak alami.

Jahe pun bisa mengurangi sakit tenggorokan yang disebabkan oleh batuk kering, lho. Rasa hangat dari jahe dapat melemaskan otot tenggorokan yang sedang menegang ketika batuk.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda dapat mengonsumsi jahe dengan campuran air hangat ataupun teh, madu, perasan lemon dan susu sebanyak dua kali sehari ketika sedang batuk. Namun sebaiknya campuran ini tidak dikonsumsi oleh orang yang punya masalah dengan lambung ya.

4. Bawang Putih selain Sebagai Rempah Bisa Jadi Obat Batuk Alami

Bawang Putih

Obat batuk alami untuk batuk berdahak lainnya yaitu bawang putih. Bahan dapur satu ini punya sifat antimikroba, berkat senyawa allicin di dalamnya, yang akan menghentikan infeksi dan iritasi yang bisa timbul karena dahak yang berlebih. Senyawa tersebut akan membasmi virus serta bakteri di tenggorokan.

Anda bisa mengonsumsi bawang putih ataupu menghirup aromanya, untuk mendapat manfaat yang sudah disebutkan di atas. Anda pun dapat membuat campuran bawang putih halus, madu dan teh, lalu meminumnya 2 kali sehari agar batuk dan sakit tenggorokan dapat mereda.

5. Sari Cuka Apel

Sari cuka apel

Terdapat kandungan asam asetik yang sifatnya antibakteri, sehingga cuka apel sangat cocok untuk menjadi obat batuk alami. Zat antibakteri tersebut bisa memecah gumpalan lendir serta membunuh bakteri yang menyerang saluran napas.

Anda dapat mengencerkan 1-2 sendok cuka sari apel pada 1 gelas air, lalu berkumur ataupun diminum secara langsung. Cara ini dapat dilakukan 1-2 kali dalam satu jam. Setelah berkumur yang pertama, beri jeda dan minum air putih sebanyak-banyaknya, sebelum mulai berkumur yang kedua kalinya. Cara ini bisa dilakukan khususnya untuk Anda yang mengalami batuk berdahak.

6. Larutan Air Garam untuk Obat Batuk Alami

Larutan Air Garam

Salah satu cara paling mudah untuk obat batuk alami, yaitu dengan berkumur menggunakan larutan air garam. Cara ini dapat mencegah terjadinya pertumbuhan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Bukan hanya itu saja, larutan air garam juga akan membantu mengencerkan dahak yang menggumpal, sehingga batuk pun dapat mereda, dan tenggorokan bisa lebih lega.

Cara membuatnya yaitu dengan melarutkan ¼ sampai ½ sendok teh garam pada 250 ml air hangat. Lalu, berkumur dengan larutan tersebut setiap 3 jam sekali sebanyak 3-4 kali sehari. Namun cara ini harus dilakukan dengan hati-hati bila ingin dilakukan pada anak di bawah 6 tahun, karena larutan ini bisa saja tidak sengaja tertelan oleh anak-anak.

7. Nanas Sebagai Obat Batuk Alami

Nanas Menjadi Obat Batuk Alami

Terdapat kandungan enzim bromelain dalam nanas, yang menjadikan sebagai obat batuk alami, khususnya untuk batuk yang berdahak. Enzim tersebut tersusun dari enzim proteolytic serta protease. Sifatnya antiinflamasi, yang berfungsi memecah dahak menggumpal di tenggorokan serta paru-paru.

Anda cukup mengonsumsi 60 gram nanas dalam sehari, ataupun menjadikannya jus yang bisa Anda konsumsi 3 kali sehari, sampai batuk Anda mereda. Namun, konsumsi nanas bersamaan dengan antibiotik akan membuat keampuhan antibiotik dalam melawan bakteri dapat berkurang.

8. Daun Mint

Daun Mint bisa menjadi pilihan

Obat batuk alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah daun mint. Kandungan menthol-nya dapat mengatasi batuk dengan membuat tenggorokan lega serta mengencerkan lendir.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan meminum teh mint ataupun menghirup uap minyak aromaterapi mint dengan 3-4 tetes pada 150 air.

Baca Juga: Rekomendasi Obat Apotik Penghilang Lendir Dahak

Obat batuk alami yang disebutkan di atas, bisa Anda jadikan pertolongan pertama ketika Anda mengalami batuk yang mengganggu, ataupun menjadi alternatif pengobatan untuk batuk. Apalagi bahan-bahan yang disebutkan di atas adalah bahan yang mudah ditemukan dan harganya tidak mahal. Untuk keampuhan dari bahan-bahan tradisional tersebut tentunya akan berbeda-beda pada tiap orang.

Namun segera konsultasi dengan dokter bila batuk tidak juga mereda, bahkan disertai gejala lain seperti demam ataupun sesak. Untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Related posts

Ibuprofen Adalah Obat Pereda Nyeri, Dosis Minum, dan Efek Sampingnya

admin

Obat Tetes Telinga dan Tata Cara Menggunakannya

admin

Kaditic Obat Apa? Cek Fungsi, Dosis hingga Efek Sampingnya Di Sini!

admin