Ciri Lingkungan Sehat
Hidup Sehat

Kenali 7 Ciri Lingkungan Sehat dan Nyaman

Memiliki lingkungan sehat dan nyaman tentulah menjadi idaman bagi siapa pun. Bagaimana tidak, setiap harinya kalian akan menghabiskan banyak waktu dengan lingkungan sehat dan udara yang menyegarkan. Bayangkan jika kalian harus tinggal di lingkungan kotor dan penuh polusi, tentu kalian akan lebih mudah stress dan gampang terkena berbagai macam penyakit. Bagaimana ciri lingkungan sehat? Berikut beberapa contohnya.

Sebuah lingkungan yang asri dan bersih memang mulai sulit ditemukan saat ini. Terlebih jika kalian sedang mencari hunian di wilayah perkotaan yang sudah padat dengan rumah-rumah dan penduduk. Namun, bukan hal tersebut bukan berarti kalian tidak bisa menemukan tempat atau hunian yang kalian inginkan. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan untuk menetap pada sebuah lingkungan kalian perlu memperhatikan lingkungan sekitar terlebih dahulu. Jika tempat tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik, saluran air yang bagus hingga memiliki pepohonan yang rindang maka tempat tersebut termasuk sebagai ciri-ciri lingkungan sehat dan nyaman untuk dihuni.

Agar kalian lebih paham tentang bagaimana ciri-ciri sebuah lingkungan yang sehat dan nyaman tersebut, silahkan menyimak penjelasan berikut ini.

1. Sirkulasi Udara yang Lancar dan Bersih

Sebuah rumah tentulah wajib memiliki sirkulasi udara yang lancar dan juga bersih. Dengan adanya sirkulasi udara ini maka rumah kalian akan terbebas dari polusi. Tak hanya itu, sirkulasi udara yang bersih juga membantu para penghuninya untuk hidup dengan udara yang lebih segar dan tidak berbau.

2. Keberadaan Sumber Air yang Bersih

Ciri-ciri lingkungan sehat selanjutnya ialah tersedianya sumber air bersih. Sumber air bersih yang dimaksud ini bisa berasal dari sungai, sumur ataupun mata air yang sama sekali tidak tercemar oleh limbah apapun. Keberadaan air bersih ini bisa kalian gunakan untuk keperluan mandi hingga untuk keperluan makan dan minum.

Baca Juga: Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih

3. Banyak Pepohonan Rindang

Keberadaan pepohonan rindang juga berperan penting dalam menghasilkan udara yang bersih dan segar di lingkungan kalian. Tanaman dan pepohonan yang rindang juga akan menghasilkan oksigen untuk kebutuhan sirkulasi udara. Lingkungan yang memiliki pepohonan yang rindang tentu akan terasa lebih sejuk, teduh dan nyaman untuk ditinggali.

4. Jumlah Tempat Sampahnya Banyak dan Mudah Ditemukan

Sebuah rumah memang wajar memiliki sampah. Selain karena berasal dari berbagai aktifitas harian, sampah juga berasal dari daun-daun kering di sekitar rumah. Namun, yang tidak wajar ialah ketika rumah atau lingkungan tersebut tidak memiliki tempat sampah. Lingkungan yang tidak memiliki tempat pembuangan hanya akan menimbulkan tumpukan sampah. Pada akhirnya sampah-sampah tersebut akan berbau dan mencemari lingkungan yang kalian tinggali.

5. Sistem Pengelolaan Sampah yang Baik

Selain memiliki tempat sampah, sebuah lingkungan yang sehat dan nyaman juga harus memiliki sistem pengelolaan sampah yang baik. Sampah yang telah menumpuk harus dikumpulkan dan tidak boleh didiamkan dalam waktu yang lama karena bisa menimbulkan aroma yang tidak sedap. Sampah-sampah tersebut juga bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.

Oleh sebab itu, setiap sampah baiknya dikategorikan sesuai jenisnya yaitu sampah organic dan sampah anorganik. Sampah organic bisa diolah menjadi kompos, adapun sampah bisa didaur ulang dan bisa dijadikan berbagai jenis kebutuhan rumah tangga.

6. Saluran Air yang Lancar dan Bersih

Selanjutnya, saluran air yang lancar dan bersih juga berperan penting dalam mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Saluran air di lingkungan tempat tinggal kalian tak boleh dibiarkan tersumbat. Saluran air yang tersumbat hanya akan menimbulkan banjir. Hingga pada akhirnya berbagai jenis penyakit pun juga akan muncul akibat air yang tergenang untuk waktu yang lama.

7. Gotong Royong Kerja Bakti Secara Rutin

Sering melakukan Gotong royong menjadi ciri lingkungan sehat
Source: Infopublik.id

Sebuah lingkungan yang sehat dan bersih juga ditandai dari para warganya yang gemar melakukan kerja bakti. Tanpa gotong royong sesama warga tentu lingkungan tempat tinggal tersebut akan mudah kotor karena tidak terawat. Jika di lingkungan kalian belum ada jadwal rutin untuk melakukan kerja bakti secara rutin maka berinisiatif lah untuk memulainya.

Baca Juga: Bebas Penyakit dengan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh

Dengan begitu orang-orang di sekitar kalian secara perlahan akan turut serta untuk bergabung dalam melakukan kerja bakti.

Nah, demikianlah beberapa ciri-ciri lingkungan sehat dan nyaman yang perlu dimiliki oleh lingkungan tempat tinggal kalian. Dengan memiliki lingkungan sehat dan nyaman tentu kualitas hidup kalian akan jauh lebih baik dan lebih sehat setiap harinya.

Related posts

Manfaat Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga

rumi

Apa Itu Kanker Prostat yang Di Derita oleh SBY

admin

Pentingnya Self Care dan Perhatikan Kebutuhan Diri Sendiri Meski Sibuk

Ozil Santika