Cara mengobati saat mengalami gigi impaksi
Penyakit

Langkah yang Harus Dilakukan Saat Mengalami Gigi Impaksi

Siapapun yang pernah mengalami gigi impaksi pasti merasakan gejala yang sangat tidak nyaman. Pada dasarnya setiap orang memiliki empat buah gigi geraham bungsu di mana terdapat dua pasang di bagian atas dan di bawah sisi kanan belakang mulut dan dua pasang lagi terdapat di atas bawah sisi kiri belakang mulut.

Gigi geraham yang tumbuh dengan kondisi yang tidak normal seperti menyamping, mengarah dan menjauh dari posisi gigi geraham kedua lebih dikenal dengan sebutan impaksi gigi bungsu. Keadaan seperti ini bisa merusak kondisi gigi di sebelahnya bahkan bisa menyebabkan kerusakan saraf dan tulang rahang.

Jika kamu mengalami gigi impaksi maka kamu perlu melakukan beberapa langkah berikut ini.

Menangani Gigi Bungsu Yang Sakit

Mengalami Gigi Impaksi

Untuk mengetahui penyebab terjadinya gigi impaksi maka sebaiknya kamu berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter gigi. Biasanya dokter gigi juga akan menanyakan riwayat kesehatan mulut dan gigi yang sedang kamu alami.

Setelah itu dokter juga akan melakukan rontgen gigi menggunakan sinar X untuk menunjukkan bagian gigi yang tengah bermasalah. Jika setelah dirontgen lalu ditemukan gigi bungsu yang bermasalah biasanya para dokter akan menyarankan untuk segera mencabut gigi tersebut.

Baca Juga: Penyakit Diare: Gejala, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Pencabutan gigi geraham belakang biasanya juga dilakukan dengan prosedur odontektomi atau sering juga disebut dengan operasi kecil. Terdapat beberapa kasus yang memerlukan penanganan operasi kecil ini, beberapa di antaranya seperti:

  • Terdapatnya penyakit gusi di bagian gigi geraham bagian belakang
  • Terjadinya pembusukan gigi di Sebagian gigi geraham
  • Terdapat kista atau tumor
  • Pertumbuhan gigi geraham bungsu yang menganggu gigi di sampingnya

Sebelum gigi kamu dicabut dokter biasanya akan memberikan obat bius di sekitar area gusi kamu yang bermasalah. Umumnya kamu akan merasakan gusi yang kebas dan mati rasa. Hal ini akan membuat dokter lebih mudah menangani proses pencabutan gigi geraham. Kamu tidak akan merasakan sakit saat dokter menyayat gusi atau mengangkat bagian tulang yang menghalangi gigi geraham. Selanjutnya, dokter akan menutup luka dengan jahitan dan lubang bekas gigi dengan menggunakan kain kasa.

Dokter juga akan memberikan kamu obat pereda nyeri untuk mengurangi rasa nyeri saat obat bius telah berhenti bekerja. Jika masih merasa kesakitan, cobalah mengompres dengan es batu di bagian rahang kamu. Beberapa dokter juga menyarankan untuk menginap beberapa malam di rumah sakit jika kamu menderita kasus gigi impaksi yang sangat parah.

Pengobatan Rumahan Saat Mengalami Gigi Impaksi

Selain dicabut langsung oleh dokter, ada beberapa jenis perawatan gigi impaksi yang bisa kamu lakukan hanya dari rumah. Proses perawatan ini juga bisa kamu lakukan sambil menunggu jadwal pencabutan gigi geraham dari pihak rumah sakit. Adapun pengobatan rumahan yang bisa kamu coba di antaranya ialah sebagai berikut.

1. Berkumur pakai air garam Saat Mengalami Gigi Impaksi

Coba berkumur dengan air garam

Tidak bisa dipungkiri jika air garam memang sudah menjadi andalan dalam setiap permasalahan gigi dan mulut. Manfaat dari air garam ini juga didukung dari beberapa jenis penelitian ilmiah. Menurut riset, air garam memiliki kandungan disinfektan alami yang berperan dalam melawan bakteri pada mulut.

Untuk membuat larutan air garam ini tidaklah sulit, kamu hanya perlu menggunakan setengah sendok garam yang kemudian dicampurkan dengan air hangat. Selanjutnya, gunakanlah larutan air garam tersebut untuk berkumur-kumur. Usahakan untuk berkumur menggunakan larutan air garam hingga tiga kali sehari.

2. Kompres dingin

Cara menangani gigi impaksi selanjutnya ialah dengan menggunakan air dingin atau es batu. Gunakan kompresan air dingin tersebut di sekitar wilayah yang terasa sakit. Paparan es dingin akan menghambat rangsangan rasa sakit dari gigi kamu. Dijamin sensasi nyut-nyutan dari gigi impaksi akan lebih mereda.

Untuk mengaplikasikannya, gunakanlah beberapa bongkah es batu dan sebuah lap bersih yang kering. Selanjutnya, bungkuslah es batu tersbeut menggunakan lap kering lalu letakkan di area pipi yang teras nyut-nyutan.

3. Numbing gel

Kamu juga bisa menggunakan numbing gel atau sering juga disebut sebagai gel mati rasa. Gel mati rasa ini sangat cocok untuk mengurangi rasa sakit yang terasa di wilayah gusi akibat terjadinya impaksi gigi. Kandungan benzocaine di dalam numbing gel ini terkenal ampuh untuk meredakan rasa nyeri pada gigi impaksi.

Cara pengaplikasiannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menempelkan gel tersebut ke gusi yang sakit. Jika bingung dengan cara dan aturan penggunaannya, silahkan memperhatikan instruksi peggunaannya pada kemasan numbing gel ini.

4. Obat penghilang nyeri

Gunakan obat penghilang nyeri

Jika beberapa langkah yang telah dijelaskan sebelumnya belum berhasil juga dalam meredakan sakit dari gigi impaksi yang kamu alami maka selanjutnya cobalah menggunakan obat penghilang nyeri. Obat penghilang nyeri pada umumya menjadi jalan terakhir jika rasa sakit semakin tak tertahankan.

Beberapa rekomendasi obat pereda nyeri yang bisa kamu gunakan di antaranya ialah paracetamol dan juga ibuprofen. Kedua jenis obat ini sangat mudah ditemukan di berbagai apotek dan tanpa perlu menggunakan resep dokter. Namun, meskipun demikian kamu tetap perlu memperhatikan jumlah dosis yang dianjurkan. Jika bingung dengan cara pemakaiannya maka jangan ragu bertanya kepada apoteker.

Anda juga bisa datang atau order langsung ke Apotik Puji untuk mendapatkan jenis obat untuk gigi impaksi Anda. Apotik Puji menyediakan berbagai jenis obat gigi yang bisa Anda gunakan untuk pengobatan gigi impaksi. Anda juga bisa berkonsultasi kepada Apoteker kami sebelum membeli obat.

5. Pakai minyak cengkeh untuk Mengatasi Gigi Impaksi

Beberapa orang juga banyak yang merekomendasikan minyak cengkeh sebagai obat alami dalam mengatasi sakit gigi. Sejumlah penelitian juga telah mendukung fakta ini di mana di dalam cengkeh terdapat kandungan senyawa yang disebut eugenol. Eugenol inilah yang berperan sebagai anestesi alami yang mampu meredakn rasa nyeri pada gusi.

Namun, meskipun demikian kamu tetap perlu berkonsultasi dengan dokter gigi jika rasa sakit yang kamu rasakan tak kunjung redah. Beberapa kasus juga menunjukkan bila menggunakan minyak cengkeh bisa saja akan memicu masalah lainnya. Minyak cengkeh juga terkenal sangat panas saat terkena di kulit. Oleh sebab itu, berhati-hatilah dalam menggunakannya. Cobalah menggunakan kapas lalu teteskan sekitar dua tetes minyak cengkeh di atasnya. Selanjutnya, tempelkanlah kapas tersebut pada gigi kamu yang sedang bermasalah. Setelah itu, berkumurlah dengan air bersih untuk membersihkan sisa-sisa minyak cengkeh yang tertinggal di dalam mulut.

6. Bawang bombai

Mengatasi gigi impaksi dengan bawang bombay

Rekomendasi pengobatan dari rumah terakhir yang bisa kamu coba ialah dengan menggunakan bawang bombai. Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa bawang bombai memiliki sifat anti inflamasi dan juga anti mikroba.

Jika kamu tidak memiliki obat pereda nyeri di rumah maka silahkan menggunakan alternatif yang satu ini. Bahan dapur ini bisa kamu gunakan dengan cara mengunyahnya secara langsung selama beberapa menit. Selama dikunyah, kandungan pada bawang ini akan langsung masuk ke sekitar wilayah gusi untuk mengurangi peradangan.

Baca Juga: Ibuprofen Adalah Obat Pereda Nyeri, Dosis Minum, dan Efek Sampingnya

Bawang bombai termasuk salah satu jenis bahan dapur yang sangat mudah ditemui, oleh sebab itu kamu bisa menjadikannya alternatif saat mengalami peradangan di sekitar gigi kamu.

Nah, demikianlah beberapa informasi tentang cara pengobatan saat mengalami gigi impaksi ini. Semoga tulisan di dalam artikel ini benar-benar bisa menjadi referensi yang akurat untuk kamu yang membutuhkannya.

Related posts

Penyebab Hematuria, Gejala dan Pengobatan

admin

Mengenal Lebih Dekat Kanker Serviks

Ozil Santika

Stunting – Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Ozil Santika