Manfaat daun Jambu Biji
Kesehatan

Beragam Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Manfaat daun jambu biji bagi kesehatan sudah dikenal sejak lama. Orang-orang terdahulu banyak yang mengolah daun jambu biji dengan cara merebusnya. Bahkan banyak pula yang menjadikan daun jambu biji sebagai teh untuk dikonsumsi sehari-hari.

Di dalam kandungan daun jambu biji memang tak hanya terdiri dari berbagai vitamin dan mineral. Daun jambu biji juga memiliki kandungan polifenol unik dan termasuk ke dalam golongan jenis antioksidan yang sangat berperan dalam menjaga kebugaran tubuh.

Manfaat daun Jambu Biji

Mengobati Diare

Mengutip Revista do Instituto de Medicina Tropical de Sao Paulo telah melakukan penelitian dan hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa ekstrak daun jambu biji mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus. Bakteri ini sendiri merupakan jenis bakteri yang menjadi penyebab umum penyakit diare.

Beberapa penelitian lain juga menyebutkan bahwa orang-orang yang mengkonsumsi teh daun jambu biji saat menderita diare akan mengalami gejala sakit perut yang lebih rendah, feses yang lebih sedikit serta proses pemulihan yang lebih cepat.

Baca Juga: Cara Membedakan Obat Herbal Asli & Palsu

Jika Anda sedang mengalami gejala diare, silahkan menambahkan daun ataupun akar jambu biji ke dalam secangkir air yang mendidih. Setelah itu, saringlah airnya lalu konsumsi saat perut Anda telah kosong.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun Biji yang bisa menurunkan kolestrol
Source: Gettyimages.com

Merujuk situs kesehatan gooddoctor, orang-orang yang rutin minum teh daun jambu biji mempunyai kadar kolesterol yang lebih rendah setelah 8 minggu. Oleh sebab itu, para penderita kolesterol tinggi sangat disarankan untuk mengkonsumsi teh daun jambu biji untuk mengontrol kolesterol dalam tubuh.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Mengelola Penyakit Diabetes

Kandungan senyawa di dalam daun jambu biji juga dipercaya mampu mengelola kadar gula dalam darah setelah makan. Teh daun jambu biji memang mampu menghambat berbagai enzim yang berbeda. Kandungan yang terdapat di dalam daun jambu biji ini kemudian akan mengubah karbohidrat pada saluran pencernaan menjadi glukosa yang memiliki potensi untuk memperlambat proses penyerapan ke dalam darah.

Mampu Menurunkan Berat Badan

Manfaat Daun Jambu Biji untuk menurunkan Berat Badan
Source: https://morinagaplatinum.com/

Daun jambu biji juga bisa menurunkan berat badan. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan senyawa daun jambu biji yang mampu mencegah karbohidrat kompleks berubah menjadi gula. Para penderita obesitas maupun para pejuang diet sangat cocok untuk mengkonsumsi teh daun jambu biji secara rutin. Dengan begitu, Anda pun dapat mendorong penurunan berat badan dengan lebih cepat.

Menurunkan Risiko Kanker

Hadirnya kandungan likopen pada daun jambu biji berperan besar dalam menurunkan risiko kanker. Jumlah antioksidan likopen yang tinggi sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyebaran kanker terutama pada kanker payudara, prostat maupun mulut.

Merawat Kulit

Daun jambu biji juga ternyata ampuh dalam memperbaiki tekstur kulit. Tingginya kandungan vitamin C pada daun jambu biji mampu mengatasi jerawat pada wajah. Anda bisa menghancurkan daun jambu biji lebih dulu lalu kemudian mengoleskannya pada area wajah yang berjerawat.

Jika Anda memiliki kulit yang cukup bertekstur, cobalah megoleskan hasil rebusan daun jambu biji pada wajah. Kandungan antioksidannya dipercaya ampuh dalam merawat dan mengencangkan kulit wajah. Jika telah menggunakan banyak produk skincare tapi belum mendapatkan hasil yang baik pada wajah, cobalah beralih menggunakan produk alami ini.

Mencegah Rambut Rontok

Tak hanya merawat kulit wajah, pemilik rambut rontok juga bisa mencoba untuk merasakan manfaat daun jambu biji ini. Kandungan antioksidan yang tinggi pada daun jambu biji diklaim mampu menaikkan volume rambut. Anda cukup merebus daun biji lalu mengoleskannya ke kulit kepala. Pastikan untuk mengoleskannya setelah airnya sudah dingin ya!

Baca Juga: Jarang Diketahui, Ternyata Ini Dia 10 Manfaat Air Embun

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Meredakan Sakit Gigi

Pakar gizi yaitu Anshul Jainharat lewat media NDTV menyebutkan jika daun jambu biji memiliki sifat yang anti inflamasi sehingga mampu menjaga kesehatan mulut. Oleh sebab itu, banyak orang yang mengandalkan daun jambu biji saat menderita sakit gigi, gusi bengkak hingga sariawan.

Jika Anda sedang mengalami kondisi ini, cobalah menggiling daun jambu biji hingga halus. Setelah itu, oleskanlah ke area mulut yang bermasalah.

Berbagai research telah membuktikan beragam manfaat daun jambu biji ini bagi kesehatan. Jika saat ini Anda tengah mengalami diare, sakit gigi atau sariawan maka tak ada salahnya memanfaatkan daun jambu biji sebagai pertolongan pertama lebih dulu.

Related posts

Manfaat Olahraga bagi Kesehatan Mental

Ozil Santika

Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat

admin

Kenali si Kecil Mengalami Tantrum dan Cara Mengatasinya!

Ozil Santika