Manfaat Paracetamol dan Efek samping
Obat

Manfaat Paracetamol dan Efek Samping Bagi Tubuh

Anda mungkin sudah akrab dengan obat yang memiliki nama Paracetamol ini. Obat tersebut dapat ditemukan dengan mudah pada banyak apotek. Manfaat Paracetamol sendiri pada dasarnya adalah untuk meredakan nyeri atau mengurangi demam. Namun apa saja manfaat dari Paracetamol tersebut?

Mengenal Paracetamol

Paracetamol memiliki beberapa bentuk, misalnya sirup, drop, suppositoria, infus dan tablet. Bekerja dengan mengurangi produksi zat yang mengakibatkan radang atau nyeri, yakni prostaglandin. Dengan prostaglandin yang menurun, peradangan pun semakin berkurang.

Baca Juga: Ibuprofen Adalah Obat Pereda Nyeri, Dosis Minum, dan Efek Sampingnya

Manfaat Paracetamol

Manfaat Paracetamol sendiri cukup banyak, terutama dalan menurunkan demam. Namun di balik itu masih ada beberapa manfaat lain yang membuatnya sering digunakan. Adapun contoh dari khasiat Paracetamol yang adalah sebagai berikut ini.

Analgesik

Paracetamol memiliki sifat sebagai analgesik atau pereda nyeri yang ampuh. Tidak heran jika obat tersebut selalu tersedia di dalam rumah. Sehingga bisa segera digunakan bila ada keluhan berupa:

  1. Nyeri di daerah punggung
  2. Sakit gigi hebat
  3. Kepala pusing atau sakit sebelah
  4. Nyeri sekujur tubuh karena flu
  5. Nyeri pada bagian area injeksi usai vaksinasi

Obat ini dilaporkan memiliki keefektifan lebih bagus dibanding Ibuprofen. Kadar nyeri ringan hingga sedang dapat diatasi dengan meminum obat tersebut. Bahkan migrain hebat pun dikabarkan bisa sembuh dengan meminum Paracetamol, aspirin serta kafein dalam kopi.

Antipiretik

Antipiretik di sini artinya adalah pereda demam. Sebagaimana yang Anda ketahui, demam timbul karena reaksi sistem imun dalam tubuh. Reaksi ini biasanya terjadi ketika ada infeksi yang menyerang tubuh. Sebagai contoh adalah infeksi virus, bakteri atau parasit yang menimbulkan penyakit. Demam bisa terjadi pada siapa pun.

Demam yang tinggi memang sedikit mengkhawatirkan sehingga butuh penanganan cepat untuk mengatasi rasa tidak nyaman yang ditimbulkan demam. Selain melakukan kompres dengan air hangat. Demam juga diturunkan dengan menggunakan Paracetamol yang mengandung Antipiretik.

Mengendalikan gula darah

Selain bermanfaat sebagai antipiretik dan analgesik, Paracetamol juga memiliki manfaat untuk mengendalikan gula darah. Fungsi otot pun dapat dikendalikan oleh Paracetamol. Selain itu, efek antioksidan yang terkandung dalam Paracetamol juga dipercaya bisa melindungi otak serta jantung.

Efek Samping Paracetamol Bagi Tubuh

Meski memiliki banyak manfaat tapi bukan berarti Paracetamol tidak memiliki efek samping. Terlebih bila digunakan dalam jangka waktu panjang. Efek samping yang ringan dan tidak memerlukan penanganan lebih lanjut biasanya adalah mual atau sakit kepala. Namun ada juga yang harus segera ditangani oleh tenaga medis karena dipandang parah.

  1. Reaksi alergi seperti ruam yang mendadak muncul sekujur tubuh. Gatal-gatal atau bengkak di area mulut maupun lidah.
  2. Demam yang diiringi dengan sakit tenggorokan, sakit kepala, ruam, mual bahkan muntah hebat.
  3. Bengkak pada beberapa area tubuh.
  4. Kesulitan untuk bernafas.
  5. Sulit menelan.
  6. Mendadak mengalami sindrom Stevens-Johnsons serta nekrolisis epidermal toksik. Hal ini ditengarai dengan reaksi kulit yang berbahaya dan harus segera ditangani oleh rumah sakit.
  7. Pustulosis eksantema generalisata akut, reaksi kulit karena alergi Paracetamol ini tidak mengancam jiwa. Dalam dua minggu biasanya reaksi kulit akan berangsur pulih kembali.

Efek samping Paracetamol

Mengingat ada beberapa efek samping yang terjadi bila mengonsumsi Paracetamol. Maka ada peringatan tertentu yang harus diingat bila ingin menggunakan obat ini. Terlebih jika digunakan dalam jangka waktu panjang sebab bisa merusak fungsi organ hati.

Terlalu sering menggunakan Paracetamol akan membuat hati bekerja lebih keras dalam menyingkirkan kandungannya pada aliran darah. Apa lagi saat mengonsumsi obat tersebut, Anda juga menggunakan minuman beralkohol. Sehingga hati pun semakin bekerja keras, dan beresiko mengalami kerusakan yang parah.

Cara Pakai Paracetamol

Setelah mengetahui manfaat serta efek samping dalam Paracetamol, Anda dapat mengonsumsinya sesuai dengan keperluan. Adapun cara pakainya adalah seperti ini.

  1. Ikuti petunjuk penggunaan obat yang ada dalam kemasan atau sesuai aturan dari dokter.
  2. Jangan mengonsumsi lebih dari 1000 mg/ dosis, paracetamol yang terlalu tinggi akan merusak organ hati.
  3. Berkonsultasi dulu kepada dokter bila sebelumnya Anda sempat mengalami reaksi alergi pada parasetamol.

Demikian manfaat Paracetamol, efek samping dan cara pemakaian yang benar.  Bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat, maka tidak ada bahaya efek samping. Obat ini juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

Jika Anda membutuhkan paracetamol, Anda bisa mendapatkannya di Apotik Puji. Apotik Puji merupakan Apotik terlengkap di Jakarta dengan memiliki beberapa cabang di sudut ibukota. Anda bisa lebih mudah mendapatkan obat dengan menghubungi kami via WA.

Related posts

11 Obat Apotik Sakit Gigi yang Paling Ampuh Redakan Nyeri

admin

5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

admin

Hal Penting Tentang Obat Pelangsing dan Rekomendasi Kapsul Pelangsing di Apotik

admin