KesehatanObatPenyakit

Mengenal Lebih Dekat Kanker Serviks

Dewasa ini, kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kesehatan semakin meningkat. Salah satu penyakit yang banyak menjangkiti masyarakat Indonesia saat ini adalah kanker. Berdasarkan data riset Kesehatan Dasar dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, kanker menjadi penyakit dengan jumlah mortalitas tertinggi setelah stroke dan hipertensi. Kanker merupakan kondisi yang ditandai dengan adanya pertumbuhan sel abnormal tak terkendali yang kemudian menyebar ke area sekitarnya. Pertumbuhan sel abnormal ini dapat terjadi pada bagian tubuh manapun.

Kanker Serviks: Sebuah Ancaman Serius

Dari beberapa jenis penyakit kanker yang sering dijumpai pada pasien wanita, kanker serviks merupakan kanker dengan jumlah kematian tertinggi nomor dua setelah kanker payudara. Kanker serviks adalah kanker yang tumbuh pada sel-sel di leher rahim. Terjadi saat sel-sel di leher rahim alias serviks tidak normal dan berkembang tanpa terkendali. Sel tak terkendali ini kemudian akan berkembang menjadi tumor pada serviks, yang menjadi penyebab kanker serviks. Kanker jenis ini pada umumnya berkembang lambat dan baru akan menunjukkan gejalanya saat memasuki stadium lanjut.

Faktor Risiko dan Penyebab Kanker Serviks

Berdasarkan penelitian pada tahun 2020, terdapat lebih dari 600.000 kasus kanker serviks di dunia dengan 342.000 kematian di antaranya. Kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Infeksi virus ini meningkat lebih besar pada wanita yang melakukan hubungan seksual dengan banyak pasangan. Selain itu, melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom membuat seseorang rentan mengidap kanker serviks. Kemungkinan tertularnya penyakit ini akan meningkat pada wanita yang tidak pernah mendapatkan vaksin HPV.

Gejala Kanker Serviks yang Perlu Diwaspadai

Wanita yang sudah terinfeksi kanker serviks akan menunjukkan beberapa gejala, antara lain:

1. Pendarahan Vagina yang Tidak Normal

2. Keputihan yang Tidak Biasa

3. Frekuensi Buang Air Kecil yang Meningkat

4. Nyeri Saat Melakukan Hubungan Intim

5. Pembengkakan di Salah Satu Tungkai

6. Kehilangan Nafsu Makan

7. Mudah Lelah

8. Sembelit

9. Bercak Darah di Urine

10. Keluarnya Urin atau Feses dari Vagina

Penting bagi setiap wanita untuk melakukan deteksi kanker serviks sejak dini sebelum timbul masalah yang lebih serius di kemudian hari. Dengan pengetahuan tentang faktor risiko, penyebab, dan gejala kanker serviks, diharapkan masyarakat dapat lebih waspada dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang tepat.

Related posts

Ketahui Vitamin C dan Manfaatnya yang Sangat Beragam

admin

Obat Tetes Telinga dan Tata Cara Menggunakannya

admin

Makanan Penderita TBC yang Dapat Mempercepat Penyembuhan

admin