Pola hidup sehat dan bersih
Hidup Sehat

Terapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih

Menerapkan pola hidup sehat dan bersih bukanlah hal yang sulit. Sayangnya, masih banyak orang malah menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak terlalu penting. Maka tidak heran jika banyak orang yang dengan mudahnya terserang penyakit karena terlalu menyepelekan hal ini.

Perilaku hidup sehat dan bersih pada dasarnya bukan hanya untuk kepentingan diri kamu sendiri tetapi juga untuk menjaga lingkungan dan keluarga kamu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang PHBS dan manfaatnya tersebut, yuk simak penjelasannya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Pola Hidup Sehat dan Bersih?

Perilaku hidup bersih dan sehat juga sering disebut sebagai PHBS. PHBS ini sendiri merupakan erakan yang dilakukan untuk menjaga kesehatan serta kualitas hidup seseorang. Dalam menerapkan PHBS ini maka setiap orang wajib mempraktekkan semua perilaku tersebut atas kesadarannya sendiri demi mendapatkan kehidupan yang sehat.

Di dalam situs Kementerian Kesehatan Republik Indonesia juga disebutkan bahwa pola hidup sehat dan bersih sebaiknya diterapkan di berbagai tempat. Mulai dari rumah tangga, institusi pendidikan, tempat kerja, tempat umum dan berbagai tempat lainnya.

Baca Juga: Manfaat Melakukan Gerakan Pemanasan Sebelum Olahraga. Begini Cara yang Benar!

Untuk bisa mewujudkan PHBS ini maka ada baiknya dimulai dari diri sendiri termasuk dari lingkungan rumah kamu terlebih dahulu.

Cara Menerapkan Pola Hidup Sehat dan Bersih

Berikut ini adalah beberapa tips yang sebaiknya kamu terapkan mulai dari sekarang untuk mewujudkan perilaku hidup sehat dan bersih.

1. Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir

Pola hidup sehat dan bersih dengan selalu mencuci tangan

Langkah pertama ialah dengan rutin mencuci tangan menggunakan sabun dan air yang mengalir. Kebiasaan yang satu ini juga sangat sering disepelekan, padahal dengan mencuci tangan maka kamu akan terhindar dari berbagai jenis kuman yang menempel di tangan saat sedang beraktifitas. Tak hanya untuk diri sendiri, mencuci tangan juga mencegah penularan penyakit kepada orang lain.

2. Menggunakan air bersih

Kehadiran air bersih di dalam rumah juga sangatlah penting. Segala aktifitas di dalam rumah tentulah membutuhkan yang namanya air bersih. Sebut saja untuk makan, minum, mencuci piring, pakaian hingga untuk mandi dan buang air. Oleh sebab itu, pastikan kamu memiliki akses air bersih di rumah kamu yah.

3. Menggunakan toilet serta menjaga kebersihannya

Selalu Menjaga Kebersihan Toilet Rumah Menjadi pola hidup sehat dan bersih

Toilet juga termasuk bagian penting dalam sebuah rumah. Toilet yang jorok dan kotor adalah sumber berbagai penyakit. Seperti yang telah diketahui jika toilet adalah tempat bersarangnya berbagai jenis bakteri dan virus. Oleh sebab itu, kamu wajib menjaga kebersihan toilet atau kamar mandi di rumah kamu agar bisa terhindar dari berbagai jenis penyakit.

4. Rutin berolahraga

Selain menjaga kebersihan diri dan lingkungan, kamu juga tidak boleh lupa untuk menjaga kesehatan diri kamu. Rutinlah melakukan aktifitas fisik agar tubuh kamu lebih bugar dan sehat. Tak hanya itu saja, dengan berolahraga kamu juga bisa merefresh pikiran dan mental kamu. Menurut penelitian, berolahraga selama kurang lebih 30 menit setiap harinya akan menjaga kebugaran tubuh. Berolahraga juga mencegah hadirnya berbagai jenis macam penyakit yang masuk ke tubuh.

5. Konsumsi makanan sehat dan bergizi

Konsumsi Makanan Sehat dan bergizi

Tidak bisa dipungkiri jika makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh adalah sumber utama kesehatan pada tubuh. Jika kamu gemar mengkonsumsi makanan yang tidak sehat maka tentu hal tersebut akan berpengaruh pada berbagai organ di dalam tubuh kamu.

Baca Juga: Jadwal Makan Sehat Untuk Diet Serta Menu Terbaik yang Bisa Jadi Pilihan

Cobalah untuk rutin mengkonsumsi buah-buahan dan sayur untuk memenuhi kebutuhan gizi harian kamu. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kebersihan buah-buahan dan sayur-sayuran yang akan kamu konsumsi. Dengan begitu, kamu juga bisa terhindari dari berbagai jenis virus atau bakteri yang bisa saja melekat pada buah dan sayur tersebut.

6. Hindari kebiasaan merokok

Merokok memang menjadi kebiasaan yang sangat buruk. Pasalnya, merokok sangat berbahaya untuk paru-paru dan jantung kamu. Bahkan, merokok juga bisa mengancam nyawa kamu. Oleh sebab itu, jangan pernah mencoba-coba kebiasaan yang satu ini. Jika kamu telah menjadi pecandu rokok maka akan sangat sulit untuk menghentikannya.

7. Membasmi sarang nyamuk

Jangan lupa juga untuk selalu memberantas sarang nyamuk di sekitar lingkungan kamu. Kegiatan yang satu ini perlu rutin dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit DBD ataupun chikungunya yang sangat berbahaya.

8. Memakai masker saat keluar rumah

Memakai Masker Saat keluar rumah menjadi pola hidup sehat dan bersih

Karena suasana pandemi Covid-19 masih terus berlangsung maka kamu masih tetap diwajibkan memakai masker saat keluar rumah. Pada dasarnya, memakai masker juga menurunkan penyakit menular dari orang lain loh. Memakai masker akan mencegah terjadinya penularan melalui droplet yang menyebar lewat udara. Oleh karena itu, kamu jangan pernah malas mematuhi protokol kesehatan saat ini yah.

9. Menjaga jarak fisik dari orang lain

Menjaga fisik dari orang lain bukan berarti kamu harus menjauh dan mengindar untuk bertemu dengan orang lain. Jaga jarak yang dimaksud ialah menjaga posisi tubuh sekitar satu atau dua meter dari orang-orang sekitar.

Cara ini juga dapat mengurangi resiko terjadinya penularan Covid-19. Tak hanya virus Covid-19, menurut sebuah penelitan, menjaga jarak juga menjadi salah salah satu langkah untuk mengindari terjadinya penyebaran penyakit lainnya.

10. Memelihara kesehatan mulut dan gigi

Selalu Menjaga Gigi

Hal lain yang perlu kamu perhatikan ialah dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut kamu. Kesehatan mulut dan gigi adalah bagian penting dalam menjaga pola hidup dan bersih. Pasalnya, mulut adalah akses utama berbagai bakteri dan virus masuk ke dalam tubuh.

Agar kondisi gigi dan mulut kamu tetap terawat dengan baik maka rutinlah menyikat gigi kurang lebih dua kali setiap harinya. Jangan lupa juga untuk selalu menggunakan obat kumur untuk mengurangi penumpukan plak di mulut kamu.

Manfaat Dari Menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat

Berikut ini adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin menerapkan kebiasan hidup bersih dan sehat setiap harinya.

1. Terhindar dari berbagai penyakit

Menerapkan pola hidup sehat dan bersih telah terbukti menjauhkan tubuh dari berbagai jenis penyakit. Lingkungan  rumah yang bersih akan membuat orang-orang di dalamnya juga akan lebih produktif dan terhindar dari stress.

2. Memaksimalkan tumbuh kembang anak

Keluarga yang menerapkan pola hidup sehat dan bersih ini juga akan mempengaruhi tumbuh kembang anak-anak di dalamnya. Hal ini akan mencegah sang buah hati dari penyakit menular dan juga stunting.

3. Meningkatkan produktivitas

Rumah dan lingkungan yang bersih tentu akan membantu meningkatkan performa para penghuninya. Sebaliknya, rumah yang jorok hanya akan membuat penguninya rentang stress dan mudah terkena berbagai macam penyakit.

Tak hanya bagi penghuninya saja, rumah dan lingkungan yang bersih tentu akan membuat para tamu dan tetangga sekitar lebih nyaman. Rumah yang tidak terawat bisa menjadi sumber penyakit di lingkungan antar tetangga. Terlebih jika penghuninya gemar menumpuk sampah dan membiarkannya berserakan begitu saja.

Itulah beberapa cara menerapkan pola hidup sehat dan bersih serta berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan jika rutin melakukannya. Lingkungan yang bersih dan sehat tentu akan berkontribusi pada kesehatan diri kamu pribadi dan juga orang-orang di sekitar kamu.

Related posts

Ketahui 10 Tips Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker

Ozil Santika

Self Healing dengan Mengenali Titik Refleksi di Tangan

admin

Apa Itu Kanker Prostat yang Di Derita oleh SBY

admin