obat bisprolol fumarate
Obat

Bisprolol Fumarate: Dosis, Aturan Pakai dan Efek Sampingnya

Bisprolol fumarate merupakan kategori obat yang masuk ke dalam golongan beta. Obat ini diklaim mampu mengobati penyakit yang berkaitan dengan masalah pada tekanan darah atau kardiovaskular.

Umumnya bisprolol bekerja pada tubuh dengan cara menghalangi respon stimulasi beta-adrenergik. Tak hanya itu saja, bisprolol juga bertindak sebagai antagonis reseptor kardioselektif pada dosis rendah.

Mengenal obat bisprolol fumarate

Secara lebih detail lagi, bisprolol ialah jenis obat yang bisa dikonsumsi sendiri atau dengan kombinasi obat lainnya untuk mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi serta gagal jantung yang ringan hingga sedang.

Bisprolol juga dikenal sebagai obat penghambat beta atau beta blocker yang bertujuan untuk menghalangi hormon epinefrin di area jantung maupun pembuluh darah. Hasilnya, obat ini akan melakukan relaksasi pada pembuluh darah, memperlambat detak jantung serta menurunkan tekanan darah penderita hipertensi.

Seperti yang diketahui, jika penyakit tekanan darah tinggi sudah menjadi penyakit yang umum saat ini. Jika tidak segera ditangani secara efektif maka tekanan darah tinggi akan menimbulkan masalah lain berupa stroke, serangan jantung hingga penyakit gagal ginjal.

Baca Juga: Ranitidin Obat Apa? Inilah Manfaat Dosis dan Efek Sampingnya!

Untuk menghindari masalah tekanan darah tinggi ini, Anda juga perlu mengubah pola hidup Anda. Beberapa di antaranya seperti mengkonsumsi makanan rendah lemak dan garam, rutin berolahraga serta menghindari minuman beralkohol dan aktifitas merokok.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Dosis bisprolol fumarate

Obat ini telah tersedia dalam bentuk tablet salut selaput dengan beberapa jenis dosis mulai dari 2,5 mg, 5 mg dan 10 mg. Umumnya dokter akan memberikan dosis obat sesuai dengan jenis penyakit yang diderita, tingkat keparahan serta respon obat pada tubuh pasien.

  • Hipertensi dan angina pektoris

Pada penderita hipertensi dan angina pektoris, dokter akan memberikan dosis awal sebanyak 5 mg sekali sehari dan bisa ditingkatkan sesuai dengan respon tubuh pasien.

Pada dosis pemeliharaan akan diberikan jumlah dosis sebesar 10 mg sekali sehari dengan jumlah dosis maksimum yang disarankan ialah 20 mg sekali sehari.

  • Gagal jantung kongestif

Pada pasien gagal jantung kongestif dokter akan memberikan dosis awal sebesar. 1,25 mg sekali sehari untuk satu minggu. Dosis ini bisa ditingkatkan sesuai kebutuhan tubuh pasien.

Untuk dosis pemeliharaannya bisa digandakan pada minggu berikutnya jika obat direspon baik oleh tubuh pasien. Dokter umumnya juga akan meningkatkan dosis secara bertahap dengan jarak 1 hingga 4 minggu dengan dosis maksimum hingga 10 mg sekali sehari.

Dokter juga bisa meresepkan bisprolol fumarate untuk mengobati gagal jantung kongestif dengan kombinasi obat lainnya seperti ACE inhibitor, diuretik serta glikosida jantung. Bagi penderita gangguan hati dan ginjal harus melakukan penyesuaian dosis lebih dulu sesuai dengan tingkat keparahan yang dialami pasien.

Sejauh ini belum ada studi terkait penggunaan bisoprolol untuk anak-anak sehingga obat ini umumnya tidak dianjurkan untuk diberikan kepada anak-anak.

Baca Juga: 7 Pilihan Merek Obat Pegal Linu di Apotek beserta Harganya

Aturan pakai bisprolol fumarate

Para pasien yang mengkonsumsi bisprolol sebaiknya mengikuti anjuran yang diberikan oleh dokter. Anda juga bisa mengikuti petunjuk penggunaan yang terlampir pada label kemasan.

Jika Anda mengkonsumsi jenis tablet salut selaput maka silahkan meminumnya sebanyak sekali sehari sebelum atau sesudah makan. Sebaiknya Anda mengkonsumsi obat ini di pagi hari saja.

Jika selama mengkonsumsi bisprolol kondisi Anda tidak membaik atau malah makin parah seperti tekanan darah yang tetap atau makin tinggi maka segeralah melakukan konsultasi ke dokter terdekat.

Efek samping bisoprolol fumarate

bisprolol fumarate
Source: Cnnindonesia.com

Sama halnya dengan beberapa jenis obat lainnya, bisoprolol juga bisa mengakibatkan efek samping dari gejala ringan hingga gejala berat. Berikut beberapa penjelasan selengkapnya terkait efek samping yang bisa ditimbulkan pada tubuh pasien.

Efek samping ringan

Berikut adalah beberapa efek samping ringan yang bisa dirasakan saat mengkonsumsi obat bisprolol ini:

  • Pusing atau sakit kepala
  • Tubuh lemas
  • Tangan dan kaki menjadi dingin
  • Mual dan muntah
  • Tubuh sakit
  • Diare atau sembelit

Efek samping berat

Beberapa pasien yang mengkonsumsi bisprolol juga kemungkinan bisa mengalami efeks samping yang cukup berat dari obat ini. Gejala berat yang dimaksud dapat berupa:

  • Sesak nafas
  • Batuk yang makin parah saat beraktifitas berat
  • Bengkak pada area pergelangan kaki dan telapak kaki
  • Detak jantung tak beraturan
  • Mata dan kulit mulai kekuning-kuningan

Jika Anda tengah mengalami gejala yang serius seperti yang telah disebutkan pada beberapa poin di atas maka segeralah berkonsultasi pada dokter. Meskipun tidak semua pasien mengalami beberapa kondisi seperti yang telah disebutkan, akan tetapi Anda tetap wajib melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika mengalami gangguan lainnya selama mengkonsumsi bisprolol fumarate. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah Anda benar-benar mengalami gejala efek samping atau tidak.

Peringatan dan perhatian saat mengkonsumsi obat bisprolol fumarate

Untuk menghindari efek samping yang lebih parah, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter terkait kondisi yang pernah atau tengah Anda alami seperti beberapa contoh kasus berikut ini:

  • Mengalami alergi bisprolol atau kandungan lainnya di dalam obat ini
  • Pernah atau sedang mengidap penyakit asma, alergi parah, gagal jantung, diabetes, gangguan kelenjar tiroid dan gangguan hati
  • Sedang berencana melakukan tindakan medis seperti operasi dan perawatan gigi
  • Mengkonsumsi alkohol yang dapat menyebabkan rasa kantuk tak tak tertahankan setelah mengkonsumsi obat ini
  • Sedang mengkonsumsi obat resep, obat non resep, vitamin, suplemen gizi atau produk kesehatan herbal lainnya
  • Sedang hamil atau berencana melakukan program hamil atau sedang menyusui

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Untuk penyimpanan obat bisprolol sendiri tidak memerlukan kondisi penyimpanan khusus. Namun, akan lebih baik jika obat ini disimpan pada suhu ruangan yang memiliki suhu di bawah 30 derajat celcius serta tak terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Silahkan mengikuti instruksi penyimpanan obat serta tanggal kadaluarsa yang telah tertera pada kemasan obat. Pastikan untuk menjauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan. Buanglah produk jika masa berlaku obat memang telah habis atau tidak diperlukan lagi. Jangan lupa untuk membuang obat dengan prosedur yang aman.

Baca Juga: Ketahui Kegunaan Azithromycin, Dosis, Efek Samping dan Hal Penting Lainnya

Obat bisprolol fumarate untuk ibu hamil dan menyusui

Hingga hari ini belum ada penelitian yang memadai mengenai risiko penggunaan obat untuk ibu hamil maupun ibu menyusui. Jika Anda memang tengah berada di kondisi seperti ini cobalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter Anda lebih dulu.

Pada kondisi sedang menyusui umumnya kandungan bisprolol mungkin akan tetap masuk ke dalam ASI Anda dengan jumlah yang sedikit lebih tinggi dibandingkan jenis obat beta blocker lainnya. Meskipun demikian, belum dapat dipastikan apakah obat yang satu ini bisa menimbulkan efek samping pada bayi atau tidak.

Jika Anda melihat sang bayi tidak ingin menyusu atau mengantuk lebih dari biasanya, segeralah melakukan konsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Penutup

Obat bisprolol fumarate bisa menjadi salah satu referensi obat untuk Anda yang sedang mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi. Anda bisa menemukan obat ini di Apotik Puji yang merupakan apotik terlengkap yang berada di Jakarta. Tak hanya itu saja, di tempat ini Anda juga bisa melakukan konsultasi dari apoteker secara gratis.

Related posts

Rekomendasi Obat Flu & Batuk Andalan Keluarga

admin

5 Rekomendasi Obat Sakit Gigi Anak yang Aman

admin

Obat Tetes Telinga dan Tata Cara Menggunakannya

admin