Cara Menaikan Trombosit
Kesehatan

Mudah dan Cepat! 10 Cara Menaikkan Trombosit dari Rumah Saja

Trombosit (keping sel darah) adalah sel darah yang membantu meningkatkan pembekuan. Sel darah ini punya fungsi penting yang mencegah pendarahan serius. Namun, beberapa hal seperti kanker, anemia, gangguan autoimun, dan obat-obatan tertentu, dapat menyebabkan penurunan kadar trombosit. 

Pendekatan yang sama yang mungkin Anda gunakan untuk meningkatkan produksi sel darah merah, yang secara umum juga dapat membantu Anda meningkatkan jumlah trombosit. Jika hasil lab menunjukkan kadar trombosit darah Anda kurang, sudah tahukah Anda bagaimana caranya?

10 Cara Menaikkan Trombosit dengan Cepat

Bagi Anda yang kekurangan trombosit, coba lakukan kiat-kiat ini untuk membantu Anda meningkatkan jumlah trombosit darah Anda, baik itu dengan mengonsumsi makanan tertentu atau suplemen:

1. Makan Lebih Banyak Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti kangkung dan sawi mengandung banyak vitamin K. Vitamin ini secara tidak langsung mampu meningkatkan kadar trombosit Anda, tetapi dapat membantu mekanisme pembekuan darah Anda jadi lebih baik. 

Vitamin K memainkan peran penting dalam membantu tubuh Anda memproduksi protein yang berguna untuk proses pembekuan.

Baca Juga: Kenali Perbedaan Hipertensi dan Hipotensi untuk Pencegahan Lebih Tepat

2. Makan Lebih Banyak Ikan Berlemak

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan trombosit adalah perbanyak mengonsumsi ikan berlemak. Itu karena ikan berlemak dikenal sebagai sumber vitamin B12. Vitamin inilah yang memainkan peran kunci dalam pembentukan sel darah merah.

Bahkan, beberapa penelitian menunjukkan kadar trombosit yang rendah erat kaitannya dengan kekurangan B12. Untuk menghindari risiko kekurangan vitamin ini, cobalah rutin konsumsi ikan salmon, trout, tuna, atau ikan lain yang mengandung banyak vitamin B12, ke dalam menu makanan Anda sehari-hari.

Jika Anda kesulitan mendapatkan ikan berlemak, Anda bisa mengonsumsi suplemen B12 sebagai gantinya. Tetapi mendapatkan B12 dari makanan dinilai lebih efektif daripada mengonsumsi suplemen. 

3. Meningkatkan Konsumsi Asam Folat

Asam folat merupakan jenis vitamin B lain yang mampu meningkatkan jumlah trombosit. Untuk mendapatkan folat yang efektif, Anda bisa memperolehnya dari makanan daripada dari suplemen, kecuali untuk wanita hamil. 

Karena suplemen folat memberikan asam folat dosis tinggi yang dapat mengganggu kemampuan B12 untuk berfungsi dengan benar di dalam tubuh. Lantas, makanan apa saja yang dapat menaikkan kadar trombosit? Cobalah perbanyak makan lebih banyak brokoli, hati, dan kacang-kacangan. 

4. Menghindari Kebiasaan Minum Alkohol

Tahukah Anda bahwa alkohol (seperti bir, anggur, soju, whiskey, atau minuman beralkohol lain) dapat mengganggu produksi sel darah merah di sumsum tulang? Kerusakan pada sumsum tulang berpotensi menurunkan produksi seluruh jenis sel darah, tak terkecuali trombosit. 

Sampai saat ini belum diketahui berapa banyak konsumsi alkohol dapat menyebabkan kerusakan sumsum tulang. Maka dari itu, cara terbaik untuk menaikkan kadar trombosit Anda dan menjaganya agar tetap stabil adalah menghindari alkohol sepenuhnya, terutama jika Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah. 

5. Cara Menaikkan Trombosit dengan Konsumsi Vitamin C

Vitamin C memainkan peran penting dalam cara kerja trombosit. Oleh sebab itu, meningkatkan kadar vitamin C harian dapat membantu trombosit Anda berfungsi lebih baik. 

Vitamin C juga membantu tubuh Anda menyerap zat besi, yang komponen penting dari produksi sel darah merah. Ada banyak cara mudah untuk meningkatkan konsumsi vitamin C Anda sehari-hari. Misalnya, perbanyak konsumsi jeruk segar, lemon, limau, dan jeruk nipis ke dalam menu makanan Anda. 

6. Mengkonsumsi Lebih Banyak Makanan Kaya Zat Besi

Cara menaikkan trombosit

Saat Anda menambahkan jeruk ke dalam menu harian Anda untuk memperoleh vitamin C, pertimbangkan juga untuk meningkatkan asupan zat besi Anda. Hindari suplemen zat besi karena dapat menyebabkan sembelit. 

Nah, sebagai gantinya pilihlah untuk mengonsumsi hati sapi, tahu, kacang merah, atau tiram. Kabar baiknya lagi, ternyata dark chocolate juga merupakan sumber zat besi yang tinggi, loh.

7. Konsumsi Suplemen Klorofil

Bila ingin  menaikkan jumlah trombosit, mengonsumsi suplemen klorofil bisa jadi salah satu alternatif cara. Sebagaimana Anda tahu klorofil banyak terkandung di setiap sayuran hijau. 

Jadi, mengonsumsi suplemen yang mengandung spirulina juga jadi ide bagus untuk menaikkan kadar trombosit Anda. Anda juga dapat meningkatkan asupan klorofil dengan makan lebih banyak sayuran berdaun hijau dan rumput, seperti rumput gandum.

8. Hindari Minum Suplemen Vitamin E maupun Minyak Ikan

Jika Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah, itu berarti darah Anda tidak membeku sebagaimana mestinya. Nah, dengan mengonsumsi suplemen vitamin E dan minyak ikan justru dapat memperburuk kondisi tersebut. 

Suplemen ini tidak akan menurunkan jumlah trombosit. Tetapi suplemen vitamin E dan minyak ikan bisa mengganggu mekanisme pembekuan darah dan membuat Anda lebih rentan terhadap pendarahan.

9. Konsumsi Ekstrak Daun Pepaya

Cara menaikkan trombosit selanjutnya adalah rajin mengonsumsi ekstrak daun pepaya. Terlebih lagi, jika Anda memiliki trombosit rendah karena demam berdarah, maka dengan mengonsumsi satu atau dua gelas ekstrak daun pepaya Anda dapat meningkatkan jumlahnya. 

Ekstrak daun pepaya sangat bermanfaat dalam meningkatkan jumlah trombosit pada demam virus. Namun karena rasa pahit dari ekstrak daun pepaya, beberapa orang akan merasa mual dan muntah. 

Tapi kabar baiknya saat ini, pasar dibanjiri kapsul ekstrak daun pepaya siap minum yang menawarkan jumlah ekstrak yang sama yang dibutuhkan untuk meningkatkan jumlah trombosit.

10. Berolahraga Secara Teratur

Jumlah trombosit normal pada orang dewasa berkisar antara 150.000 sampai 450.000 trombosit/mcL darah. Jumlah trombosit kurang dari 150.000 trombosit per mikroliter, maka bisa dikatakan memiliki trombosit rendah. 

Bila Anda memiliki jumlah trombosit yang rendah, salah satu faktor penyebab yang paling mungkin adalah kurangnya aktivitas fisik. Program Transplantasi Sumsum Leukemia / Tulang dari British Columbia memberikan rekomendasi olahraga khusus untuk berbagai tingkat trombosit rendah. 

Misalnya, membatasi semua aktivitas saat jumlahnya kurang dari 15.000. Ketika trombosit 15 hingga 20, Anda dapat melakukan olahraga ringan yang tidak melibatkan resistensi. 

Ini bisa termasuk berolahraga sambil duduk atau berdiri, peregangan ringan atau berjalan santai. Pada tingkat trombosit 40 hingga 60, tambahkan olahraga seperti bersepeda dan golf.

Baca Juga: 10 Tanda Diabetes yang Tidak Disadari, Apakah Anda sedang Mengalaminya?

Yang tak kalah penting selain berolahraga secara teratur adalah istirahat yang cukup. Karena dengan tidur yang cukup, tubuh Anda berkesempatan untuk mengembalikan energi yang terkuras setelah beraktivitas seharian. Alhasil, tubuh Anda jadi lebih segar dan mampu memproduksi lebih banyak trombosit.

Nah, demikianlah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan trombosit. Jika Anda termasuk orang yang memiliki trombosit rendah, yuk coba kiat-kiat di atas! 

Bila butuh asupan lain untuk mengoptimalkan upaya Anda, dapatkan suplemen dan vitamin yang 100% asli sehingga aman untuk Anda konsumsi. Nah, untuk mendapatkannya Anda bisa membeli di apotek yang terpercaya, salah satunya Apotik Puji.

Selain menyediakan berbagai merk obat yang dijamin original, Anda juga bisa memanfaatkan layanan pesan online. Dengan begitu, Anda tidak perlu berlama-lama mengantre untuk mendapatkan obat Anda.  

Related posts

Waspadai Ciri-ciri Lambung Stress, Tangani Sedini Mungkin!

admin

3 Tips Sehat Jalani Puasa

Ozil Santika

Efek Samping dan Efektivitas KB Spiral

rumi