Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Hidup Sehat

Bisakah Ibu Hamil Makan Mie Instan? Cek Jawabannya di Sini!

Aroma mie instan sudah barang tentu akan membangkitkan rasa lapar bagi siapapun yang mencium aromanya. Tidak bisa dipungkiri lagi jika mie instan memang sudah menjadi menu andalan bagi masyarakat Indonesia. Namun, kira-kira bisakah ibu hamil makan mie instan seperti kebanyakan orang lainnya?

Beberapa kandungan dalam mie instan memang dianggap cukup berbahaya bagi kesehatan. Terlepas dari fakta tersebut, mie instan masih tetap digemari bagi banyak kalangan. Namun, kemudian banyak yang mempertanyakan, apakah mengkonsumsi mie instan tetap aman bagi kesehatan janin pada ibu hamil?

Kandungan Mie Instan

Merujuk pedoman dari WHO atau World Health Organization, sejak tahun 2001, berbagai produk mie instan telah mengandung tambahan nutrisi berupa vitamin A, vitamin B, asam folat, zat besa serta zinc. Meskipun demikian, mie instan pada dasarnya tetaplah mengandung bahan pengawet, pewarna serta perasa.

Baca Juga: Cara Kerja TestPack dan Hal Penting yang Harus Diperhatikan Saat Mendeteksi Kehamilan

Kadar dan kandungannya memang telah dinyatakan aman untuk dikonsumi, akan tetapi jika Anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka tentu saja kandungan di dalam mie instan tersebut akan membahayakan kesehatan. Perlu Anda tahu, mengkonsumsi mie instan sebanyak dua kali seminggu saja sangat beresiko menimbulkan sindrom metabolik.

Sindrom metabolik sendiri merupakan kumpulan beberapa jenis penyakit seperti tekanan darah tinggi, lemak yang menumpuk di bagian perut, kadar kolesterol baik yang rendah, kadar gula darah tinggi serta kadar trigliserida yang tinggi. Semua gangguan ini akan muncul saat Anda mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.

Dampak Mengkonsumsi Mie Instan bagi Ibu Hamil

Pada dasarnya, terdapat beberapa alasan mengapa ibu hamil sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi mie instan. Berikut adalah beberapa dampaknya bagi ibu hamil.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Membuat nutrisi tidak terserap baik

Bagi ibu hamil, perubahan pola makan adalah hal yang wajar. Tak heran jika di kondisi tersebut banyak ibu hamil yang selalu merasa lapar dan kerap kali menjadikan mie instan sebagai menu andalan mereka. Meskipun rasa mie instan sangat menggugah selera, akan tetapi kandungan karbohidrat di dalam mie instan mampu menaikkan kadar gula dalam darah.

Tak hanya itu saja, mie instan juga termasuk makanan yang sangat sulit dicerna oleh saluran pencernaan sehingga akan berdampak pada proses penyerapan nutrisi dalam tubuh. Oleh sebab itu, para ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi menu sehat dibandingkan mie instan.

Bisa mengakibatkan darah tinggi

Garam dan MSG atau Monisodium Glutamat dalam mie instan menjadi kandungan utama yang membuat rasanya begitu kuat dan lezat. Tentu saja, mengkonsumsi banyak garam akan berisiko terhadap penyakit tekanan darah tinggi. Terlebih bagi ibu hamil yang memiliki riwayat hipertensi.

Ibu hamil yang menderita tekanan darah tinggi juga bisa mengalami komplikasi kehamilan seperti preeklampsia. Jadi, ada baiknya untuk menghidari menu makanan yang mengandung banyak garam dan MSG lebih dulu di masa-masa kehamilan.

Meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh

Jika ibu hamil cenderung lebih banyak mengkonsumsi mie instan dibandingkan menu sehat lainnya maka dapat dipastikan mereka akan mengalami kekurangan nutrisi. Mengkonsumsi mie instan pada dasarnya akan membuat kadar insulin dalam tubuh terus menurun. Jika ini terjadi maka perut pun akan terus merasa lapar. Dan yang paling berbahaya lagi, ibu hamil juga rentan terhadap risiko diabetes gestational.

Memicu risiko berat badan berlebih

Saat hamil, tubuh ibu hamil cenderung akan mudah lemas dan lelah. Sehingga, mereka pun akan menjadi sangat lahap mengkonsumsi banyak makanan untuk mengembalikan energi yang habis. Ketika di kondisi seperti ini, ibu hamil pun akan sangat sulit mengontrol segala jenis makanan untuk asupan tubuh mereka termasuk mie instan.

Jika sudah seperti ini, ibu hamil pun akan sangat mudah memiliki berat badan yang berlebih. Tentu saja naiknya berat badan karena dipicu oleh makanan yang kurang bergizi akan sangat membahayakan janin dalam tubuh ibu hamil.

Tips Aman Mengkonsumsi Mie Instan bagi Ibu Hamil

Jika Anda termasuk yang mempertanyakan mengenai bisakah ibu hamil makan mie instan maka jawabannya ialah tentu saja boleh. Namun, yang harus digaris bawahi, ibu hamil harus mengkonsumsi mie instan dalam batas yang wajar serta memasaknya dengan cara yang benar. Berikut merupakan beberapa tips aman mengkonsumsi mie instan saat dalam keadaan hamil:

• Anda bisa mengurangi penggunaan MSG pada mie instan menjadi setengah takaran saja. Agar lebih sehat lagi, silahkan menambahkan bahan-bahan dapur saja seperti garam dapur.
• Setelah mie dimasak, gantilah air rebusan mie instan dengan kaldu buatan rumahan yang menggunakan bumbu dan rempah-rempah segar.
• Tambahkan menu sehat bergizi lainnya seperti telur rebus, tahu, sayur-sayuran hingga ikan.
• Akan lebih baik jika ibu hamil menggunakan jenis mie instan yang terbuat dari gandum utuh dibandingkan mie instan berbahan tepung. Rasanya memang berbeda akan tetapi, jenis mie instan yang terbuat dari gandum tentu jauh lebih menyehatkan.
• Ketika sedang merasa lapar cobalah mengkonsumsi cemilan sehat daripada mie instan. Kecanduan mie instan di masa kehamilan akan sangat berisiko bagi kesehatan janin.

Baca Juga: Daftar Suplemen Kalsium Ibu Hamil dan Menyusui

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Makanan Sehat Pengganti Mie Instan untuk Ibu Hamil

Bolehkah Ibu Hamil Makan Mie Instan
Source: id.theasianparent.com

Berikut merupakan beberapa cemilan sehat pengganti mie instan yang bisa dikonsumsi para ibu hamil.

Apel dan Selai Kacang

Jika lidah Anda sangat ingin mengunyah yang manis-manis sekaligus asin dan renyah, silahkan mengkonsumsi apel dan selai kacang. Selain memiliki kombinasi rasa yang lezat, kedua cemilan ini juga kaya akan protein, serat serta lemak baik.

Cokelat

Tahukah Anda jika cokelat termasuk cemilan yang sangat baik untuk ibu hamil? Ya, cokelat diklaim ampuh dalam menurunkan risiko preeklamsia yaitu sebuah kondisi yang dapat menyebabkan munculnya tekanan darah tinggi serta kerusakan organ dalam tubuh ibu hamil.

Agar lebih kaya vitamin serta untuk mengurangi rasa yang terlalu manis, cobalah menyelupkan buah-buahan ke dalam coklat cair. Jika butuh cemilan segar lainnya, tak ada salahnya untuk membuat puding coklat dengan susu rendah lemak. Cemilan seperti ini tentu akan jauh lebih mengenyangkan sekaligus menyehatkan dibandingkan dengan merebus mie instan.

Popcorn

Para ibu hamil yang sedang gemar mengkonsumsi jenis cemilan yang gurih dan garing bisa menjadikan popcorn sebagai pilihan. Pastikan untuk mengolah popcorn dengan tambahan bahan lainnya seperti butter, margarin ataupu garam. Hal ini dilakukan untuk menghindari kandungan natrium pada makanan.

Biskuit Keju

Di masa kehamilan, kebanyakan ibu hamil juga mencari cemilan yang asin-asin. Daripada mengkonsumsi mie maka ada baiknya mengkonsumsi biskuit keju saja. Seperti yang telah diketahui jika keju sendiri memiliki kandungan utama seperti kalsium fosfor, protein hingga lemak yang akan membuat ibu hamil lebih mudah kenyang.

Tak hanya itu saja, crackers atau biskuit keju juga sangat cocok untuk ibu hamil yang sering mengalami rasa mual.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Nah, setelah membaca artikel di atas tentu Anda sudah tahu dong mengapa ibu hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi mie instan. Ibu hamil makan mie instan pada dasarnya boleh-boleh saja, asal tidak berlebihan. Namun, jika harus memilih maka tentu akan lebih baik untuk mengkonsumsi menu makanan sehat saja demi kesehatan sang janin. Di masa kehamilan, ibu hamil sebaiknya memang mengkonsumi makanan dan minuman sehat serta tambahan asupan vitamin lainnya. Jika Anda sedang mencari berbagai jenis vitamin untuk ibu hamil, silahkan mengunjungi Apotik Puji sekarang juga!

Related posts

7 Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Ozil Santika

5 Cara Menjaga Kesehatan Jantung dengan Pola Hidup Sehat

Ozil Santika

Cek 7 Manfaat Mandi Air Dingin Pagi Hari

admin