Jenis Kutil Berbahaya
Penyakit

6 Jenis Kutil Berbahaya dan Cara Mengatasinya!

Kutil merupakan salah satu gangguan kulit dengan bentuk yang menyerupai benjolan kecil dengan tekstur yang kasar. Benjolan kutil ini kemudian akan menghasilkan rasa gatal hingga sakit saat disentuh. Umumnya, terdapat 6 jenis kutil berbahaya yang perlu Anda tahu.

Penyebab munculnya kutil pada tubuh bisa terjadi akibat penularan virus dari orang lain atau benda yang terkontaminasi virus. Namun, jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang bagus maka sangat kecil kemungkinan untuk bisa tertular.

Jenis Kutil Berbahaya

Berikut merupakan beberapa macam kutil berbahaya yang kerap kali menjangkiti tubuh manusia.

Kutil Periungual

Kutil periungual biasanya tumbuh di area kuku tangan dan kaki manusia. Ketika kutil ini muncul, penderitanya akan merasa sakit di area yang ditumbuhi kutil. Hal ini disebabkan oleh kutil yang menghambat pertumbuhan kuku.

Baca Juga: 7 Daftar Obat Penghilang Luka Kulit

Kutil Filiformis

Jenis kutil yang satu ini umumnya tumbuh di bagian mulut dan juga hidung. Namun, dalam beberapa kasus, kutil filiformis juga tumbuh di area leher dan dagu. Ciri khas kutil filiformis dapat dilihat dari bentuknya yang menyerupai benjolan lunak dan memiliki warna menyerupai kulit. Berbeda dengan jenis kutil periungual, kutil filiformis tidak menimbulkan rasa sakit sama sekali.

Kutil Biasa

Kutil biasa memang tidak termasuk ke dalam daftar jenis kutil berbahaya. Namun, tetap saja kutil biasa membuat penampilan kulit Anda terganggu. Beberapa penderitanya juga merasa tidak nyaman saat beraktifitas.

Kutil biasa cenderung memiliki tekstur yang keras, kasar dan sedikit menonjol. Kutil biasa juga bisa muncul di berbagai area pada tubuh. Namun, kebanyakan area yang digemari oleh kutil biasa ialah bagian jari, lutut dan juga sikut.

Kutil Telapak Kaki

Jenis kutil berbahaya
Source: Fahrenheit.co.id

Sesuai namanya, kutil telapak kaki memang sering muncul di bagian telapak kaki atau tumit. Berbeda dengan jenis kutil lainnya, kutil telapak kaki bisa tumbuh masuk ke dalam kulit kak. Pada kondisi ini, kulit kaki penderitanya akan memunculkan lubang kecil dan dikelilingi oleh kulit yang mengeras. Para penderita kutil telapak kaki juga akan merasa kesakitan saat berjalan ataupun saat sekedar berdiri saja.

Kutil Pipih

Kutil pipih akan lebih sering muncul pada bagian wajah, lengan dan juga paha. Beberapa penderitanya kerap kali tak merasakan kehadiran kutil pipih karena bentuknya yang cukup kecil. Karena berbentuk pipih, jadi jenis kutil yang satu ini tidak akan menonjol pada kulit seperti kutil jenis lainnya.
Kutil pipih juga memiliki tekstur yang sedikit kasar serta memiliki warna yang bervariasi. Beberapa penderita memiliki warna kutil pipih kecoklatan, merah muda bahkan ada pula yang kekuning-kuningan.

Kutil Kelamin

Di antara jenis kutil lainnya, kutil kelamin merupakan jenis kutil yang paling berbahaya. Para pengidap kutil kelamin adalah orang-orang yang sangat aktif melakukan hubungan seksual sehingga berpengaruh pada jaringan lembab di area genital pengidapnya.

Bentuk kutil kelamin menyerupai kembang kol dengan warna yang kusam. Umumnya, kutil kelamin sulit diidentifikasi karena ukurannya yang kecil. Bagi pria, keberadaan kutil kelamin bisa muncul di area sensitif mereka seperti di penis, paha hingga area sekitar anus.

Adapun pada perempuan, kutil ini bisa muncul di bagian dalam maupun bagian luar vagina, leher rahim serta sekitar anus. Selain di beberapa bagian sensitif tersebut, kutil kelamin juga muncul di mulut, lidah, bibir hingga tenggorokan. Hal ini bisa saja terjadi jika seseorang pernah melakukan hubungan seskual secara oral pada penderita penyakit kutil kelamin.

Cara Menyembuhkan Kutil

Penyakit kutil umumnya bisa disembuhkan dengan melakukan pengobatan atau treatment. Beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan di antaranya ialah sebagai berikut.

Perawatan dari Rumah

Pengobatan kutil dari rumah bisa dilakukan dengan menggosok kutil menggunakan kikir kuku atau batu apung. Namun, pastikan alat yang digunakan tidak digunakan pada bagian tubuh lainnya apalagi jika alat tersebut digunakan oleh orang lain.

Jika Anda adalah penderita diabetes, ada baiknya untuk tidak melakukan cara seperti ini. Cobalah untuk berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis kulit. Kemudian, kutil yang tumbuh di area wajah ataupun pada bagian sensitif lainnya juga sangat tidak disarankan untuk menggunakan pengobatan dari rumah ini. Jika dilakukan maka hanya akan memperparah kondisi kulit penderitanya.

Perawatan Pembekuan

Perawatan pembekuan yang dimaksud ialah dengan menggunakan jenis obat semprot yang memiliki kandungan dimetil eter dan propana. Obat ini bisa membunuh kutil dan termasuk pengobatan kutil dengan cara yang lebih cepat. Namun, meskipun demikian, obat semprot ini juga terbukti belum cukup kuat untuk menghilangkan semua kutil.

Perawatan dan Patch Mengandung Asam Salisilat

Untuk menggunakan produk ini, Anda perlu rutin memakainya setiap hari selama beberapa minggu. Produk ini juga akan bekerja lebih efektif jika Anda merendam kutil dalam air kurang lebih selama 15 menit sebelum menerapkan perawatannya.

Nitrogen Cair

Nitrogen cair banyak digunakan oleh dokter dengan tujuan untuk membekukan kutil. Meskipun prosesnya cukup menyakitkan, akan tetapi hasilnya cukup memuaskan. Biasanya perawatan menggunakan nitrogen cair membutuhkan beberapa kali perawatan. Saat kutil telah membeku, kulit mati pun akan terangkat.

Perawatan Laser

Gangguan kutil ini juga bisa diobati dengan menggunakan laser. Penggunaan laser akan membuat jaringan yang terinfeksi segera rontok dari kulit Anda. Namun, bukti keberhasilan laser terhadap perawatan kutil masih terbatas.

Selain itu, penggunaan laser juga cukup menimbulkan rasa sakit bagi penderitanya sehingga banyak yang memilih metode lain.

Baca Juga: Cari Tau Obat Gatal Kulit Paling Ampuh Di Sini!

Pembedahan

Saat berbagai cara sudah dilakukan dan tidak memberikan hasil apa-apa maka pembedahan adalah langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan. Dokter bedah akan memotong kutil dengan pisau bedah bahkan jika diperlukan dokter juga akan membakar kutil dengan energi listrik.

Karena proses pengobatan ini terbilang menyakitkan maka pasien akan menerima suntikan anestesi lebih dulu.

Obat Kutil yang Tersedia di Apotik

Saat ini, obat kutil juga sudah dengan mudah Anda temukan di berbagai apotik. Beberapa rekomendasi obat kutil yang bisa Anda coba ialah sebagai berikut.

SIMC Plester

SIMC plester kutil merupakan jenis plester khusus untuk mengobati kutil hingga mata ikan. Anda cukup menempelkan plester pada area kutil dan diamkanlah selama beberapa saat.

Callusol

Banyak orang merekomendasikan Callusol karena terbukti ampuh dalam menyembuhkan kutil. Namun, obat yang satu ini tidak disarankan bagi penderita gangguan ginjal. Untuk menggunakannya, Anda hanya cukup menuangkan obat pada kapas kemudian mengoleskannya pada area yang ditumbuhi kutil.

Kutilos

Kandungan asam laktat, asam salisilat dan polidocanol di dalam obat Kutilos dipercaya sangat ampuh dalam membasmi kutil. Adapun cara pemakaiannya ialah cukup dengan membersihkan area kutil lebih dahulu lalu kemudian menuangkan obat pada kapas lalu menempelkannya pada kutil.

Jika Anda mengidap salah satu dari keenam jenis kutil berbahaya yang dibahas pada artikel di atas maka sebagai langkah pertama cobalah menggunakan obat dari apotik lebih dulu. Beberapa jenis obat kutil sudah dijual secara lengkap di berbagai apotik seperti di Apotik Puji. Namun, jika obat yang digunakan belum cukup ampuh silahkan langsung berkonsultasi kepada dokter ahli kulit.

Related posts

Gejala dan Tipe Osteogenesis Imperfecta

admin

Stunting – Gejala, Penyebab, dan Pencegahan

Ozil Santika

Tipes: Penyakit yang Perlu Diwaspadai

Ozil Santika