Kenapa Garam Menyebabkan Hipertensi
Penyakit

Ini Dia Alasan Kenapa Garam Menyebabkan Hipertensi

Makanan tanpa garam memang akan terasa hambar di lidah. Saat menyantapnya pun tentu akan terasa tidak nikmat. Tidak bisa dipungkiri, rasa asin pada masakan membuat makanan akan terasa lebih sedap dan gurih. Sayangnya, mengkonsumsi banyak makanan asin bisa menyebabkan hipertensi. Pada dasarnya, memang terdapat beberapa faktor kenapa garam menyebabkan hipertensi.

Salah satu penyebabnya utamanya ialah karena garam memiliki kandungan natrium yang mampu meningkatkan volume darah pada tubuh. Kondisi ketika tekanan darah meningkat inilah yang disebut dengan hipertensi. Jika hal ini terjadi, maka Anda bisa mengalami risiko penyakit berbahaya lainnya seperti ginjal, jantung hingga stroke.

Kenapa Garam Menyebabkan Hipertensi?

Mengkonsumsi garam secara berlebihan akan sangat membahayakan kesehatan organ penting dalam tubuh seperti ginjal. Ketika ginjal sudah tidak mampu bekerja secara maksimal maka tekanan darah pun akan meningkat dan mempengaruhi kinerja tubuh lainnya seperti jantung.

Umumnya, ginjal pada manusia hanya mampu menyaring sekitar 120 liter darah saja setiap harinya. Fungsi ginjal sendiri ialah untuk mengeluarkan racun dan cairan yang tidak dibutuhkan sel-sel dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan lewat urin. Namun, jika Anda mengkonsumsi terlalu banyak garam, ginjal pun akan sulit untuk mengeluarkan racun pada tubuh sehingga sel-sel kotor tersebut akan menumpuk dan pada akhirnya menyebabkan hipertensi.

Baca Juga: Beragam Manfaat Daun Jambu Biji Bagi Kesehatan

Pada dasarnya, tidak semua orang mempunyai respon tubuh yang sama saat mengkonsumsi garam. Beberapa orang mungkin memiliki tubuh yang tahan terhadap garam di mana mereka bisa mengkonsumsi banyak garam tanpa efek samping apapun. Namun, beberapa orang juga sensitif terhadap garam. Mengkosumsi sedikit garam saja membuat tekanan darah mereka meningkat.

Umumnya, orang-orang yang sensitif terhadap garam memiliki kondisi fisik seperti usia yang sudah lanjut serta obesitas atau memiliki berat badan berlebih. Jika Anda memiliki ciri-ciri fisik ini maka ada baiknya untuk menjaga pola makan serta rutin berolahrga setiap harinya. Bagaimanapun juga, segala hal yang berlebihan tidaklah baik, begitu halnya dengan mengkonsumsi garam secara berlebihan yang dapat memuculkan banyak natrium dalam tubuh.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Kandungan natrium yang cenderung tunggi bisa menurunkan fungsi endotelium atau lapisan pembuluh darah. Padahal, kehadiran endotelium mampu memproses pembekuan darah secara maksimal. Namun, jika kadar darah terus meningkat, pembuluh arteri akan kesulitan mencairkan dan mengalirkan darah.

Selain itu, kandugan natrium yang tinggi juga akan menyebabkan pembesaran jaringan otot pada area ruang pompa jantung. Jika dinding bilik jantung semakin tebal maka jantung pun akan mengalami kerusakan. Inilah yang menyebabkan mengapa mengkonsumsi garam berlebihan bisa mengakibatkan hipertensi dan mempengaruhi kinerja fungsi organ tubuh lainnya.

Tips Mengurangi Asupan Garam

Kenapa garam menyebabkan hipertensi
Source: https://www.jawapos.com/

Salah satu tips penting dalam mengurangi konsumsi garam dalam kehidupan sehari-hari ialah dengan memperhatikan jumlah kandungan garam yang terdapat pada makanan. Anda bisa mengeceknya pada kemasan makanan sebelum membelinya.

Adapun beberapa jenis makanan dengan kandungan garam dan sodium yang tinggi di antaranya seperti makanan kaleng, mie instan hingga daging olahan. Untuk mengurangi garam pada makanan, ada baiknya jika Anda juga menggunakan penyedap rasa seperti merica dengan jumlah yang lebih banyak dibandingkan garam.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Jika Anda termasuk pencinta makanan instan maka cobalah untuk memperhatikan kadar kandungan NaCL saat membelinya. Mengkonsumsi garam memang tidak bisa dihindari, bagaimanapun juga manusia tetap membutuhkan garam. Namun, jangan sampai Anda malah kecanduan dan mengkosumsi garam secara berlebihan.

Tidak bisa dipungkiri, jika saat ini makin banyak jenis jajanan atau cemilan dengan kandungan kadar garam yang terbilang tinggi yang disadari oleh konsumen. Oleh sebab itu, untuk menghindari risiko hipertensi, ada baiknya untuk memperbaiki pola makan Anda setiap harinya.

Baca Juga: Penting! Inilah Cara Aman Konsumsi Gula Penderita Diabetes dalam Sehari

Kurangilah mengkonsumsi makanan instan yang memiliki kandungan garam dan sodium tinggi serta kurangi pula penggunaan saus dan kecap saat Anda makan. Meskipun makanan akan terasa lebih nikmat saat menambahkan saus dan kecap di dalamnya, akan tetapi kandungan garam pada saus dan kecap sangatlah tinggi.

Nah, demikianlah ulasan tentang kenapa garam bisa menyebabkan hipertensi. Jika saat ini Anda tengah mengalami gejala hipertensi maka cobalah untuk mengubah pola makan dengan mengurangi konsumsi garam pada makanan. Anda juga bisa mengkonsumsi obat penurun tekanan darah yang tersedia di apotik. Salah satu rekomendasi apotik yang menyediakan obat hipertensi lengkap ialah Apotik Puji.

Related posts

Cari Tahu Penyebab Demam dan Cara Mengobatinya Di Rumah

rumi

Waspada Kasus KLB Polio – Ketahui Pencegahan dan Gejala Polio

Ozil Santika

Mengenal Hepatitis Lebih Dekat melalui Hari Hepatitis Sedunia

Ozil Santika