Penyakit Infeksi Paru
Penyakit

Inilah 5 Penyebab Infeksi Paru dan Pencegahannya

Sebagian besar orang mungkin tahu dan menyadari gejala infeksi paru-paru, seperti batuk-batuk disertai demam, tetapi hanya sedikit yang mengetahui penyebab infeksi paru. Penyakit ini dapat disebabkan oleh mikroorganisme yang berbeda, seperti virus, bakteri, atau jamur dan mempengaruhi berbagai daerah paru-paru dan saluran udara.

Maka dari itu, yuk ketahui dan pelajari apa saja yang menyebabkan infeksi paru dan bagaimana cara mencegahnya.

Apa Itu Infeksi Paru?

Apa itu infeksi paru
Sumber: Unsplash

Infeksi paru-paru adalah suatu kondisi di mana mikroorganisme berbahaya menyebabkan kerusakan dan peradangan di saluran udara atau jaringan paru-paru. Ada beberapa penyebab infeksi paru, mulai dari virus, bakteri, jamur, hingga gaya hidup.

Baca Juga: 8 Obat Batuk Alami Ampuh Mengatasi Batuk Kering dan Berdahak

Infeksi paru-paru bisa ringan atau parah dan dapat menyerang orang-orang dari segala usia, meskipun beberapa infeksi jauh lebih umum pada usia produktif, yakni 15 – 64 tahun. Penyakit ini patut diwaspadai karena dapat mempengaruhi saluran udara dari berbagai ukuran, bronkus, bronkiolus, dan alveoli.

Penyebab Infeksi Paru

Penyebab infeksi paru
Sumber: Pexels

Menurut jenisnya, penyebab infeksi paru dapat digolongkan menjadi 5 macam, di antaranya:

1. Virus

Beberapa virus yang menyebabkan pilek dan flu juga berisiko menyerang paru-paru. Virus adalah penyebab paling umum infeksi paru pada anak-anak di bawah 5 tahun. Jenis virus yang kerap menjadi penyebab infeksi paru antara lain virus pneumonia, enterovirus, respiratory syncytial virus (RSV), hingga virus Covid-19 yang memperparah kondisinya.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

2. Bakteri

Salah satu hal yang paling umum menyebabkan infeksi paru selain virus adalah bakteri. Infeksi paru yang disebabkan oleh bakteri biasanya berlangsung lebih lama dan lebih parah. Maka dari itu, diperlukan metode pengobatan yang cepat dan tepat supaya bisa membunuh bakteri yang mencegah timbulnya komplikasi lainnya.

Beberapa bakteri yang umumnya menyerang paru-paru antara lain Mycoplasma pneumoniae, Streptococcus pneumoniae, Mycobacterium tuberculosis, dan Bordetella pertussis.

3. Fungi / Jamur

Sebagian besar kasus infeksi paru jarang yang disebabkan oleh jamur. Namun, jamur seperti Histoplasma capsulatum, Aspergillus, dan Cryptococcus pneumocystis juga kerap menyerang paru-paru dan menyebabkan peradangan.

4. Kebiasaan Merokok

Penyebab infeksi paru yang kerap terjadi juga berasal dari kebiasaan penderitanya yang suka merokok. Bahkan tak hanya memicu infeksi paru, kebiasaan merokok bisa menimbulkan penyakit yang lebih serius jika dilakukan terus menerus. Di antaranya emfisema, bronkitis kronis, pneumoconiosis, hingga kanker paru.

5. Penyebab Lainnya

Selain penyebab yang tadi telah disebutkan, terkadang infeksi paru juga disebabkan oleh beberapa kondisi seperti:

  •         Faktor keturunan
  •         Terlalu sering terpapar debu dan asap polusi
  •         Bahan kimia berbahaya
  •         Paparan asbes
  •         Komplikasi dari penyakit lain seperti lupus, arthritis, dan skleroderma.

Untuk mengetahui penyebab tersebut, diperlukan pemeriksaan lebih lanjut seperti rontgen dada, tes dahak, dan tes darah supaya dapat diberikan tindak penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Infeksi Paru

Cara mencegah infeksi paru
Sumber: Pexels

Ada beragam cara yang bisa Anda dan keluarga lakukan untuk mencegah terjangkitnya penyakit infeksi paru, salah satunya dengan vaksinasi. Vaksin bertujuan untuk meminimalisir terjangkitnya beberapa jenis pneumonia dan flu. Namun, sebelum divaksin pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Pasalnya, pedoman vaksinasi cenderung berubah dari waktu ke waktu. Jadi, penting untuk meninjau status vaksinasi Anda apakah sebelumnya pernah menerima vaksin pneumonia atau belum.

Baca Juga: Ketahui Penyakit Edema: Penyebab, Gejala, & Mengatasinya

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Tak hanya orang dewasa, pastikan anak-anak juga mendapatkan vaksinasi. Dokter merekomendasikan vaksin pneumonia yang berbeda untuk anak-anak di bawah usia 2 tahun dan untuk anak-anak usia 2 hingga 5 tahun yang berisiko terkena penyakit pneumokokus.

Dokter juga merekomendasikan vaksin influenza untuk anak di atas 6 bulan. Selain itu, jangan lupa untuk mempraktekkan protokol kebersihan untuk melindungi diri dari infeksi saluran pernapasan.

Misalnya dengan cuci tangan secara teratur dengan sabun bersih dan air mengalir, menggunakan hand sanitizer, dan sebisa mungkin menghindari keramaian.

Yang tak kalah penting untuk mencegah infeksi paru-paru dan menjaga kesehatannya adalah menghentikan kebiasaan. Sebab, merokok merusak pertahanan alami paru-paru Anda terhadap infeksi pernapasan.

Selanjutnya, jaga pola hidup yang sehat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Misalnya tidur yang cukup, olahraga teratur, makan makanan yang sehat, dan bila perlu konsumsi vitamin dan suplemen untuk tingkatkan imunitas.

Nah, mengingat pentingnya mengetahui penyebab infeksi paru dan menjaganya agar tetap sehat, Anda harus pandai menjaga kesehatan tubuh dari virus, bakteri, hingga polusi yang makin meningkat setiap harinya. Salah satu upaya yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi vitamin dan suplemen penambah daya tahan tubuh.

Namun, pastikan suplemen atau vitamin yang Anda beli 100% original dan aman untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkannya di apotek yang lengkap dan terpercaya, salah satunya Apotik Puji. Di sana, Anda bahkan bisa menikmati layanan pesan obat secara online sehingga lebih mudah dan praktis. 

Related posts

Simak 5 Cara Jitu Cegah Flu di Musim Hujan

Ozil Santika

Patut Diwaspadai! Inilah 9 Ciri-Ciri Darah Tinggi pada Ibu Hamil

admin

Waspadai Ancaman Masalah Kesehatan Mental di Kota Besar

Ozil Santika