Obat Kokoloteun di Apotik
Obat

Punya Flek Hitam di Wajah? Ini Penyebab dan Obat Kokoloteun di Apotik

Flek hitam di wajah atau yang juga dikenal dengan kokoloteun, seringkali jadi ‘musuh’ yang ingin segera dibasmi, terutama bagi para kaum wanita. Karena itulah banyak orang yang mencari obat kokoloteun di apotik. Sebutan kokoloteun sendiri diambil dari bahasa Sunda yang memiliki arti kondisi kulit wajah yang sering terkena panas ataupun menggunakan produk kosmetik berbahaya, yang akhirnya menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah.

Penyebab Kokoloteun

Kokoloteun atau flek hitam ini adalah kondisi kulit dengan bercak berwarna cokelat kehitaman karena adanya pigmentasi kulit berlebih. Meskipun dalam segi artian sebutan kokoloteun ini penyebabnya karena seringnya terpapar panas sinar matahari, namun ada juga mereka yang mengalaminya meskipun jarang sekali terpapar sinar matahari. Nah, ada beberapa penyebab yang bisa memicu munculnya kokoloteun ini, yaitu:

  • Menggunakan kosmetik tertentu

Kosmetik yang sering atau biasa Anda gunakan juga dapat memicu munculnya flek hitam pada wajah. Kandungan bahan kimia dalam kosmetik, seperti merkuri ataupun asam salisilat, yang digunakan dalam jangka panjang dapat memicu produksi melanin yang berlebih. Melanin sendiri adalah sel pigmen kulit.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  
  • Genetik

Menurut seorang dokter dari Woodford Medical, Dr Mervyn Patterson, pigmentasi kulit ini juga dapat dipengaruhi oleh genetik. Di mana bila Anda memilikinya, umumnya ibu ataupun ayah Anda pun juga mengalaminya. Menurutnya, sekalipun ini genetik atau keturunan, namun ketika lahir, flek hitam ini belum muncul sekalipun memiliki gen tersebut. Yang memicu kemunculannya adalah sinar matahari.

Nah, umumnya, flek hitam yang terjadi karena keturunan ini akan semakin memudar seiring dengan bertambahnya usia.

Baca Juga: 6 Pilihan Suplemen Vitamin D Terbaik Di Apotek

  • Usia

Usia yang sudah tidak muda lagi juga bisa menjadi faktor penyebab kokoloteun. Alasannya karena, kulit menjadi kehilangan elastisitasnya, yang akhirnya membuat kulit lebih rentan mengalami bintik gelap serta sel-sel yang rusak karena usia.

Flek hitam yang umumnya muncul karena usia ini juga dikenal dalam istilah medis yaitu lentigines.

  • Peradangan

Peradangan seperti cedera pada kulit, jerawat, eksim, bekas alergi dan kondisi lainnya juga dapat menyebabkan munculnya bercak hitam. Ini terjadi ketika kulit sudah sembuh dari peradangan yang terjadi, dan memunculkan kelebihan melanin yang akhirnya membuat area kulit yang mengalami peradangan menjadi kehitaman.

  • Kurang vitamin

Asupan vitamin bisa dibilang penting bagi tubuh, salah satunya untuk kesehatan kulit. kekurangan asupan vitamin dapat menyebabkan munculnya bercak hitam atau kokoloteun ini. Nah, kalau ini penyebabnya, obat kokoloteun di apotik yang bisa Anda gunakan adalah suplemen yang mengandung vitamin B12, K dan juga vitamin E. Anda pun juga dapat mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut.

  • Perubahan hormon

American Academy of Dermatology menyebutkan bahwa hormon dapat menjadi pemicu munculnya bercak hitam di kulit. Hal ini seringkali terjadi pada para wanita, khususnya ketika hamil.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  

Bahan Aktif untuk Mengatasi Kokoloteun

rekomendasi obat kokoloteun di apotik

Mengatasi kokoloteun dapat Anda lakukan dengan menggunakan obat kokoloteun di apotik. Sebelum mengetahui produk apa saja yang bisa Anda pakai untuk mengatasi flek hitam ini, ada beberapa kandungan bahan aktif yang umumnya dipakai dalam obat penghilang flek hitam, yaitu:

  • Tranexamic acid; kandungan ini umumnya digunakan dalam permasalahan flek hitam serta tekstur kulit yang kasar. Tranexamic acid ini adalah agen depigmentasi yang akan membantu menghambat kinerja plasmin serta melanosit yang berperan dalam membentuk melanin kulit. Manfaat lait dari tranexamic acid yaitu membantu mengatasi bintik penuaan serta flek hitam, meredangan peradangan pada kulit, melindungi dari sinar UV dan juga menyehatkan serta mencegah kulit menjadi kasar.
  • Niacinamide; niacinamide atau vitamin B3 ini umumnya digunakan dalam skincare, yang juga punya fokus untuk menghilangkan flek-flek hitam. Niacinamide sendiri adalah bahan aktif yang juga mampu mencerahkan serta memperbaikin skin barrier. Umumnya, niacinamide ini bisa digunakan oleh seluruh jenis kulit. Adapun manfaat niacinamide yaitu menjaga kelembapan kulit, mencegah penuaan, mencegah jerawat, serta melindungi dan menguatkan skin barrier.
  • Arbutin; arbutin dapat Anda gunakan untuk mencegah flek hitam. Arbutin sendiri bekerja dengan cara menghambat hormon yang akan meningkatkan pembentukan melanin, yaitu hormon tyrosinase. Dengan begitu, produksi melanin pun bisa dicegah. Penggunaan arbutin akan lebih efektif bila digunakan bersama turunan dari vitamin C. Turunan arbutin yang mungkin tidak asing lagi yaitu hidrokuinon. Hidrokuinon sendiri dalam konsentrasi yang tepat, sering digunakan untuk membantu mencerahkan kulit dan menyamarkan hiperpigmentasi atau flek hitam.
  • Vitamin C dan turunannya; zat aktif ini akan membantu mencegah terjadinya jerawat serta meratakan tekstur kulit Anda. Vitamin C dan turunannya ini dapat mencerahkan noda serta flek hitam, dan juga mencegah untuk datang kembali, dengan menekan produksi dari melanin di kulit.

Obat Kokoloteun di Apotik

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi obat kokoloteun di apotik yang dapat membantu permasalahan flek hitam pada kulit Anda:

  1. Sunscreen SPF 30 ke atas

obat kokoloteun di apotik dengan sunscreen spf 30

Sunscreen atau tabir surya dapat membantu mencegah munculnya bintik atau flek hitam pada kulit, terutama bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar matahari yang cukup lama. Walaupun begitu, sebenarnya ketika di rumah pun Anda membutuhkan tabir surya untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV yang dapat menembus kaca rumah.

Untuk pilihan tabir surya, Anda dapat memilih yang punya kandungan SPF 30 ke atas, untuk digunakan ketika akan beraktivitas luar ruangan, terutama bagi Anda yang memiliki kulit cenderung cerah.

  1. Vitacid

Vitacid

Vitacid tersedia dalam beberapa varian dosis, yaitu 0.025%, 0.05% serta 0,1%. Penggunaanya tergantung dengan kondisi flek hitam pada wajah Anda, guna mempercepat proses penyembuhan.

Vitacid sendiri adalah obat kokoloteun di apotik yang berupa tretinoin topikal, yang mana mengandung retinoid acid. Cara kerja obat ini adalah dengan menyamarkan flek hitam dengan memengaruhi pertumbuhan sel kulit dan membuat lapisan kulit menjadi mengelupas. Penggunaannya dilakukan pada malam hari saja, karena ketika memakai obat ini kulit tidak boleh terkena paparan sinar matahari.

Dapatkan banyak data prospek dari internet dengan memiliki website bisnis. Hubungi jasa pembuatan website sekarang  
  1. Vitaquin

Vitaquin

Vitaquin mengandung bahan aktif berupa hidrokuinon sampai konsentrasi 5%, yang dapat membantu efektif untuk menyamarkan flek hitam, terutama pada kondisi flek hitam yang tebal atau membandel. Cara kerja vitaquin adalah menghambat pembentukan dari pigmen melanin.

Namun perlu dipahami, bahwa obat kokoloteun ini masuk kategori obat keras, di mana harus digunakan dengan resep dokter.

  1. Tracne

Obat Kokoloteun di Apotik dengan tracne

Obat kokoloteun di apotik berikutnya yaitu Tracne yang punya kandungan tretinoin. Cara kerja obat ini dengan meningkatkan mitosis dari sel-sel epitel pada kulit, sehingga akan mempercepat proses peremajaan kulit. dengan begitu, flek hitam pun bisa memudar dengan cepat.

Penggunaan produk ini biasanya dianjurkan 1 hingga 2 bulan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Refaquin

Refaquin

Refaquin punya kandungan beberapa bahan aktif yaitu hidrokuinon 4%, tretinoin 0.05% dan fluocinolone acetonide 0.01%. dengan kandungan bahan-bahan ini, penggunaannya pun jadi lebih efektif membantuk menghilangkan flek hitam dalam waktu yang singkat. Penggunaannya pun tidak boleh dalam jangka waktu yang lama karena konsentrasi bahan yang digunakan yang terbilang cukup tinggi.

  1. Mediquin

Obat Kokoloteun di Apotik dengan mediquin

Mediquin termasuk dalam krim pemutih yang dapat menjadi obat kokoloteun di apotik. Ini karena kandungan hidrokuinon di dalamnya yang terbilang tinggi yaitu 5%. Agar lebih efektif, sebaiknya Anda menggunakan sunscreen ketika berada di luar ruangan, karena sinar matahari akan menurunkan efektivitas dari krim ini.

Baca Juga: Cara Membedakan Obat Herbal Asli & Palsu

Itu dia beberapa obat kokoloteun di apotik. Sebaiknya, sebelum memutuskan membeli obat-obat ini, Anda berkonsultasi terlebih dulu dengan ahlinya, agar penggunaannya pun dapat dilakukan dengan tepat dan aman. Apalagi, produk-produk ini punya kandungan bahan aktif yang sebaiknya tidak dipakai dalam jangka waktu yang lama.

Anda pun dapat menemukan obat kokoloteun di Apotik Puji, dan berkonsultasi langsung dengan para apoteker kami perihal obat yang akan Anda beli.

Related posts

Obat Apotik Untuk Menghentikan Darah Haid yang Berlebih

admin

Furosemide, Obat Apotik Penurun Bengkak

admin

Cari Tau Obat Gatal Kulit Paling Ampuh Di Sini!

admin