Tanda Kehamilan Minggu Pertama
Kesehatan

Sering Tidak Tersadari, Ini Tanda Kehamilan Minggu Pertama

Kehadiran buah hati adalah suatu hal yang ditunggu-tunggu dan membuat penasaran para pasangan suami istri. Umumnya, kehamilan bisa dikenali di usia 4 hingga 6 minggu kehamilan. Karena, tanda kehamilan minggu pertama akan sulit terdeteksi dan sering tidak disadari.

Baca Juga: Ini Dia 2 Cara Hitung Berat Badan Ideal

Nah, ada beberapa hal tentang perhitungan kehamilan dan tanda-tanda hamil yang harus diketahui para calon ibu. Berikut penjelasannya.

Tanda Kehamilan Minggu Pertama Bisa di cek dengan memperhatikan beberapa gejala tubuh

Cara Perhitungan Kehamilan

Faktanya malah, di minggu pertama, sebenarnya kehamilan belum benar-benar terjadi, lho. Karena kehamilan akan dihitung selama 40 minggu, sejak dari hari pertama haid terakhir (HPHT). Kehamilan baru terjadi saat tubuh melepas sel telur yang berasal dari ovarium, umumnya terjadi di antara akhir minggu ke-2 ataupun awal minggu ke-3. Pelepasan sel telur tersebut disebut juga sebagai masa subur atau ovulasi, yang berarti kamu dalam keadaan subur dan siap untuk hamil. Nah, agar bisa hamil, sel telur yang dilepas tersebut harus dibuahi oleh sperma di tuba fallopi.

Tanggal pembuahan sel telur ini ditentukan oleh siklus ovulasi, namun, tergantung dari berapa lama siklus haid terjadi. Umumnya, siklus haid terjadi sekitar 28 hari. Tapi, setiap wanita cenderung punya siklus menstruasi yang berbeda-beda.

Untuk mengetahui berapa lama siklus menstruasi yang kamu miliki, kamu dapat mencatat tanggal menstruasi selama beberapa bulan, ukur suhu tubuh basal (ketika baru bangun tidur di pagi hari) menjelang ovulasi, ataupun tekstur cairan vagina yang terlihat lebih jernih dan licin. Ataupun dengan menggunakan alat tes ovulasi.

Tanda kehamilan yang bisa diketahui

Tanda Awal Kehamilan

Bisa dikatakan, tanda kehamilan minggu pertama hampir mirip dengan gejala PMS yang umumnya dialami para wanita sebelum masuk waktu haid. Namun, yang membedakan adalah tidak terjadinya haid. Beberapa tanda berikut bisa jadi tanda awal terjadinya kehamilan:

  • Payudara bengkak dan juga sensitif. Walaupun tidak selalu muncul di usia kehamilan 1 minggu, namun beberapa wanita mengalami payudara yang bengkak dan juga sensitif bahkan nyeri ketika disentuh.
  • Mual yang disertai atau tidak disertai muntah. 3 minggu setelah terjadinya pembuahan, beberapa wanita akan merasa mual dengan atau tanpa muntah. Mual bisa terjadi kapan saja, yang umumnya berkaitan dengan hormon kehamilan.
  • Keluar flek atau bercak darah. Berbeda dengan menstruasi, flek yang terjadi sebagai tanda kehamilan ini adalah efek dari embrio yang berhasil tertanam di dinding rahim. Flek seperti ini disebut juga perdarahan implantasi, yang terjadi ketika embrio menempel, dinding rahim akan terkikis, sehingga keluarnya bercak darah. Umumnya terjadi 10-14 hari setelah pembuahan, dan terjadi selama 1 hingga 3 hari dengan kemunculan 1-2 tetes darah berwarna pink kekuningan atau kecoklatan.
  • Sakit pinggang bagian bawah. Kondisi ini cenderung berlanjut selama kehamilan, karena adanya penambahan berat badan serta perubahan pada postur tubuh ibu hamil.
  • Kram perut. Menjadi tanda kehamilan yang juga efek dari proses implantasi embrio. Umumnya muncul bersama dengan keluarnya flek. Yang membedakan kram perut tanda hamil dengan gejala haid adalah intensitas dan juga lokasinya. Kram perut tanda kehamilan minggu pertama biasanya tidak terlalu sakit, dan terjadi secara singkat. Lokasinya terpusat di satu titik, di tempat embrio menempel. Bila menempel di sisi kiri rahim, rasa kram akan terjadi di bagian perut sebelah kiri.
  • Sebagian wanita hamil pun pernah mengalami gejala lain, seperti sering buang air kecil, kelelahan, rambut rontok, sensitif pada bau, keinginan untuk konsumsi makanan tertentu, mood swing, sakit kepala, sembelit dan kembung karena sistem pencernaan ibu hamil yang cenderung melambat akibat perubahan hormon saat hamil.

Kesimpulan

Walau sulit untuk mengetahui tanda-tanda mengandung minggu pertama, namun tenang saja, karena kamu bisa melihat tandanya di minggu berikutnya. Ataupun, kamu juga bisa memeriksakan dirimu ke dokter kandungan untuk memastikannya.

Bila merasakan adanya tanda kehamilan, sebaiknya segera lakukan pengecekan menggunakan test pack. Alat ini akan membantumu memastikan kehamilan lebih awal dan tentunya lebih akurat hingga 97-99%. Namun umumnya kehamilan baru bisa terdeteksi oleh alat secara akurat setidaknya 10 hari setelah terjadi telat haid.

Baca Juga: Kenali Ciri Nyeri Haid Tidak Normal, Penyebab dan Cara Mengatasinya

Untuk pemakaian alat tes kehamilan tersebut pun sebaiknya dilakukan di pagi hari, setelah bangun tidur. Karena saat itulah hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG) yang dimiliki wanita hamil berada dalam jumlah yang tinggi.

Related posts

10 Ciri-Ciri Bawaan Hamil Anak Laki-Laki, Mitos atau Fakta yah?

admin

7 Manfaat Menggunakan Sunscreen Setiap Hari

Ozil Santika

Cara Menggunakan Test Pack yang Tepat

admin